UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA ELEMEN AL-QUR’AN HADIS SURAH AL-HUJURAT:13 PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 59 KENDARI.

Authors

  • Wa Ode Ambo SDN 59 Kendari

Abstract

Pendidikan merupakan bagian penting dalam kehidupan baik dalam kehidupan berkeluarga maupun berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, pendidikan dijadikan tolak ukur kemajuan dan kemunduran suatu bangsa. Pentingnya pendidikan bagi setiap orang ditegaskan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Bab III Pasal 4 yang menyatakan bahwa “Pendidikan harus demokratis dan adil serta tidak diskriminatif, menghormati hak asasi manusia dan nilai-nilai agama. atau budaya. nilai-nilai dan keberagaman bangsa. Pendidikan diselenggarakan sebagai suatu kesatuan yang sistematis dengan sistem yang terbuka dan ambigu (UU Sistem Pendidikan Nasional, 2003). Untuk mengetahui kondisi pembelajaran di SDN 59 Kendari sebelum penerapan metode Make and Match. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan dan memahami bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran “make match” pembelajaran Al-Quran Hadis Q.S Al-Hujurat:13 di SDN 59 Kendari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI & BP meningkat dengan menggunakan metode make a match.  Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI & BP dan hasil tes belajar PAI & BP siswa. Dari hasil pembelajaran PAI&BP siswa pada siklus I dan siklus II dari aspek kognitif yaitu  hasil belajar PAI&BP siswa yang diperoleh dari  hasil tes perakhir  siklus  dengan  menggunakan  instrument  tes pilihan ganda sebanyak 15 soal pilihan ganda telah melebihi target yaitu 80% dengan  kriteria ketuntasan  maksimal  70.   Dimana siswa yang mendapatkan nilai diatas 70 sebanyak 17 siswa dengan nilai rata-rata 74,40   dengan   presentase   ketuntasan   85% siswa   telah    mencapai indikator keberhasilan

Downloads

Published

2023-12-01