UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SAYANG PADA SESAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW SDK TARIPA JAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui model pembelajaran koperatif teknik jigsaw. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah cara belajar siswa aktif (CBSA) SDK Taripa Jaya Tahun Ajaran 2023- 2024, yang terdiri dari 7 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran jigsaw berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik padapelajaran pendidikan agama islam. Sebelum diterapkannya model pembelajaran koperatif teknik jigsaw hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (42%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75,6. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 4 siswa (57,14 %) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 79,5 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 7 siswa (83%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 89,14. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.