PENERAPAN METODE SAINTIFIK DALAM MENIGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Penigkatan hasil belajar pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui pendekatan Saintifik pada materi AsmaulHusna dan Indahnya saling menghargai dalam keberagaman. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah peserta didik Kelas IV SDN 25 Kendari. Prosedur penelitian menggunakan model Kurt Lewin. Konsep dari model Kurt Lewin terdiri dari empat tahap yakni perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan Dengan menerapkan pendekatan Saintifik dalam proses pembelajaran terlihat bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan secara signifikan pada mata pelajaran PAI materi Teladan Mulia Asmaulhusna dan Indahnya saling menghargai dalam Keberagaman di kelas IV SD Negeri 25 Kendari Kec. Kadia Kota Kendari tahun ajaran 2022/2023 dapat diketahui peningkatan nilai rata-rata. Didalam siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,09 Sedangkan pada siklus II diperoleh peningkatan yang signifikan yaitu nilai rata-rata siklus II sebesar 82,72 Peningkatan hasil belajar peserta didik tinggi, dapat dilihat dari pada tahap siklus I terdapat jumlah nilai siswa 760 dengan nilai rata-rata 69,09 dan yang tuntas 60% sedangkan yang tidak tuntas 40%, adapun pada tahap siklus II terdapat jumlah nilai siswa 910 dengan nilai rata-rata 82,72 dengan nilai ketuntasan mencapai 100%. Maka dapat dikatakan respon belajar siswa sangat tinggi dan baik setelah menggunakan model pendekatan Saintifik, hal ini terlihat dari meningkatnya hasil belajar siswa pada tahapan siklus yang menggunakan strategi pembelajaran pendekatan Saintifik