PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)PADA MATERI BERIMAN KEPADA ALLAH DAN RASUL-NYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 96 KENDARI
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk: 1) Meningkatkan perilaku profesionalitas guru serta Meningkatkan mutu pendidikan di SDN 96 Kendari sehingga bisa mempunyai nilai akademik yang baik. 2) mengenali apakah pemakaian Probelm Based Learning pada materi BerIman Kepada Allah serta Rasul- nya bisa Meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SDN 96 Kendari. Untuk mencapai tujuan tujuan, tersebut, riset didesain dalam 2 siklus. Prosedur pada tiap siklus, mencakup tahap- tahap: 1) pengembangan fokus permasalahan, 2) perencanaan aksi revisi, 3) penerapan aksi, observasi, serta interpretasi, 4) analisis serta refleksi, 5) perencanaan tindak fanjet. Keefektifan aksi pada tiap siklus diukur dari hasil observasi serta hasil uji pemahaman siswa. Informasi hasil observasi pada siklus I, dideskripsikan serta diinterpretasikan setelah itu direfleksi buat memastikan aksi revisi pada siklus II. Sebaliknya informasi yang berbentuk hasil uji Pemahaman Iman kepada rasul-rasul-Nya dianalisis dengan metode mendeskripsikan serta membadingkan nilai uji pada keadaan dini, siklus I, serta siklus II. Batasan tuntas yang wajib dicapai siswa pada siklus II, ialah: I) Minimun 70% siswa aktif menjajaki pendidikan Iman kepada Rasul- Nya. 2) Minimun 85% siswa mendapatkan nilai 70 ataupun lebih dengan nilai rerata kelas 70 selaku batasan tuntas Pemahaman Iman kepada rasul-rasul-Nya. Penelitian Tindakan Kelas menimpa kegiatan siswa sepanjang menjajaki pendidikan, diperoleh hasil kalau ketuntasan secara klasikal pada keadaan dini sebesar 50, 00%, pada siklus I sebesar 75. 00%, serta pada siklus II sebesar 90. 00%. Sebaliknya Penelitian Tindakan Kelas mengenai Hasil belajar pada materi Iman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya" siswa diperoleh hasil kalau rerata kelas pada keadaan dini sebesar 66, 92 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 64, 10 Pada siklus I, rerata kelas sebesar 74, 50 dengan tingkatan ketuntasan secara klasikal sebesar 82, 05. Pada siklus II, rerata kelas sebesar 78, 00 dengan tingkatan ketuntasan secara klasikal sebesar 90, 00. Hasil tersebut menampilkan kalau Penelitian Tindakan Kelas yang dicoba dari keadaan dini hingga pada akhir siklus II menampilkan terdapatnya kenaikan baik dari segi kegiatan ataupun Kemampuan siswa. Bersumber pada hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut, bisa disimpulkan kalau: 1) Dengan tata cara Problem Based Learning bisa Meningkatkan Keaktifan belajar Pemahaman Iman kepada rasul-rasul-Nya pada siswa Kelas IV SDN 96 Kendari tahun ajaran 2022/ 2023.