PENERAPAN METODE KARYA KUNJUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI THAHARAH DI KELAS VII MTS AL-IHSAAN PATILANGGIO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pemahan dan hasil belajar peserta didik Kelas VII MTs Al-Ihsaan Patilanggio terhadap materi thaharah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik Kelas VII MTs Al-Ihsaan Patilanggio terhadap materi thaharah Aktifitas peserta didik selama pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) yaitu penggunaan metode Karya kunjung mengalami peningkatan sebesar 81,82% pada siklus 1, pada siklus II menjadi 100%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan
Metode karya kunjung dapat meningkatkan aktifitas peserta didik dalam pembelajaran Fiqih materi thaharah di Kelas VII MTs Al-Ihsaan Patilanggio Hasil belajar peserta didik Kelas VII MTs Al-Ihsaan Patilanggio meningkat setelah menerapkan Metode karya kunjung, hal ini ditunjukkan pada siklus I jumlah peserta didik yang mendapat nilai 75 ke atas berjumlah 9 dari 11 orang peserta didik. Serta siklusIII tuntas secara keseluruhan (11 orang). Sehingga ketuntasan klasikal mengalami peningkatan sebesar 50%, dari 50% pada siklus I meningkat menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan prestasi belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui Metode karya kunjung, dapat meningkatkan prestasi belajar Fiqih materi thaharah di Kelas VII MTs Al-Ihsaan Patilanggio