PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MENGAJI DAN MENGKAJI Q.S. AL-HUJURAT/49:13 DAN HADIS TENTANG KERAGAMAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri 44 Kendari pada Materi Tentang mari Mengaji Dan Mengkaji Q.S. Al-Hujurat/49:13 Dan Hadis Tentang Keragaman. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan. Jadi akan dilaksanakan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas IV SDN 44 Kendari. Prosedur penelitian menggunkan model Jigsaw. Konsep dari modeol Jigsaw terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan(observing) dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan Penerapan model pembelajaran jigsaw dalam materi pokok mengaji dan mengkaji Q.S AlHujurat 13/49 dan hadis keberagaman untuk siswa kelas IV SD Negeri 44 Kendari dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru dalam kegiatan pembelajaran. Pada siklus I sebesar 55% dan siklus II sebesar 91%. Penerapan model pembelajaran jigsaw dalam materi pokok mengaji dan mengkaji Q.S AlHujurat 13/49 dan hadis keberagaman untuk siswa kelas IV SD Negeri 44 Kendari dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Pada siklus I sebesar 36% dan siklus II sebesar 67%. Melalui model pembelajaran jigsaw dalam materi pokok mengaji dan mengkaji Q.S Al-Hujurat 13/49 dan hadis keberagaman untuk siswa kelas IV SD Negeri 44 Kendari dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan peroleh nilai rata-rata tes formatif siklus I, dan II berturut-turut 55 dan 91 (di atas 70 yang menjadi tolak ukur keberhasilan).