MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN METODE PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI MENGHADIRKAN SHALAT DAN ZIKIR DI KELAS VII SMP KESEHATAN KENDARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi pada materi Menghadirkan Shalat Dan Zikir Di Kelas VII SMP Kesehatan Kendari dengan melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D kelas IIV SMP Kesehatan Kendari Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 17 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Menghadirkan Shalat Dan Zikir. Sebelum diterapkannya model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 29,41 % yang tuntas. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I 70,58% peserta didik yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75,88 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 82,35 % peserta didik tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 81,76. peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.