MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN SKI MAN 1 KOTA GORONTALO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Peradaban Islam masa Daulah Syafawi mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari Penelitian ini adalah Fase F MAN 1 Kota Gorontalo Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh metode Discovery Learning berhasil meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Peradaban Islam masa Daulah Syafawi. Sebelum diterapkannya metode Discovery Learning motivasi belajar peserta didik secara klasikal hanya 2 peserta didik (10%) yang kategori baik dalam motivasi belajarnya dengan nilai rata-rata 90.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus 1 sebanyak 10 peserta didik (50 %) yang dalam kategori baik dan pada siklus 2 sebanyak 18 peserta didik (90 %) kategori baik. Peserta didik lebih semangat dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran.