PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI Q.S AL-HUJURAT/49:13 KELAS IV SDN 8 RIO PAKAVA
Abstract
Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas yang penulis lakukan adalah untuk memperkenalkan penggunaan model Pembelajaran Discovery Learning apakah dengan menggunakan model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap pertemuan satu jam pelajaran. Untuk mengukur siswa dalam penguasaan materi yang diberikan adalah tes formatif pada akhir setiap siklus. Penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada akhir setiap siklus. Penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dan peningkatan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pada kondisi Pra Siklus, hasil siklus I, dan hasil siklus II. Pada kondisi awal ketuntasan belajar 33,33%. Pada siklus I nilai ketuntasan belajar meningkat menjadi 67%, pada siklus 2 ketuntasan belajar meningkat menjadi 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa untuk mengajarkan kompetensi dasar menyelesaikan masalah yang berkaitan materi pembelajaran PAI.
.