MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATERI MENYAMBUT USIA BALIG DI KELAS IV SD NEGERI 62 KENDARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI dan BP pada peserta didik SDN 62 Kendari melalui model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tinndakan Kelas ( Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri 62 Kendari, berjumlah 25 siswa, dengan rincian 12 siswa laki-laki dan 13 siswa Perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menggunakan metode Talking Stick berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menyambut usia Baligh. Di mana hasil penilaian siswa siklus I, memperoleh rata-rata nilai 65, 22. Pada siklus II siswa memiliki peningkatan melampaui nilai KKTP yaitu 75. Siswa lebih semangat dalam proses pembelajaran karena ada nyayian dalam menggunakan metode Talking Stick.