PERAN INFORMASI TEKNOLOGI (IT) DALAM MANJEMEN KURIKULUM, PEMBELAJARAN DAN KEPESERTADIDIKAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Peran informasi Teknologi (IT) dalam Manajemen Kurikulum, Pembelajaran dan Kepesertadidikan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Hasil penelitian iniĀ menemukan bahwa Peran informasi teknologi dalam dunia pendidikan sangat besar misalnya dalam menajemen kurikulim yakni melalui perenanaan, pengorganisasi, pelaksanaan dan pengawasan kurikulum yakni menjadi pusat data informasi untuk menyamakan. Selanjutnya pada manajemen pembelajaram peran teknologi informasi sebagai pusat input data dan mengelolaan serta data kontrol perkembangan siswa.
Article Details
References
Ali Imron, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, h. 28.
E. Rochaety, Rahayuningsih, P., & Yanti, G. P, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, (Cetakan ketiga, Jakarta: Bumi Aksara, 2008), h. 20.
E. Rochaety, Rahayuningsih, P., & Yanti, G. P, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, h. 26.
Fidya Arie Pratama dkk, Manajemen Kurikulum Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, h. 159.
Fidya Arie Pratama dkk, Manajemen Kurikulum Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, h. 159.
Fidya Arie Pratama dkk, Manajemen Kurikulum Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, h. 160.
Fidya Arie Pratama dkk, Manajemen Kurikulum Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, h. 162.
Fidya Arie Pratama dkk, Manajemen Kurikulum Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Jurnal Islamic Education, Vo. 4 No. 1 Maret 2022), h. 158.
George R. Terry dan Leslie W. Rue, Dasar-Dasar Manajemen, terj. G.A Ticoalu. Cet. Ketujuh, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011), h. 76
https://ditsmp.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-teknologi-informasi-dan- komunikasi-bagi-tenaga-pendidik/ diakses 15 April 2022.
https://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/evaluasi-pembelajaran-berbasis-tik/ dikasis 15 April 2022.
Lelyna Harahap, Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan, (Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED), h. 378.
Lelyna Harahap, Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan, h. 379.
Munir, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Jakarta: Alfabeta, 2009), h. 142-143.
Nasib Tua Lumban Gaol, Sejarah dan Konsep Manajemen Pendidikan, (Jurnal Dinamika Pendidikan, Vol. 13 No. 1 Edisi April 2020), h. 79.
O. Amtu, Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah, (Bandung: Alfabeta, 2013), h. 186.
Oos M. Anwas, Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Implementasi Kurikulum 2013, h. 498.
Oos M. Anwas, Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Implementasi Kurikulum 2013, (Jurnal Teknodik, Vol. 17, No. 1 Maret 2013), h. 497.
Sugiyono, Memahami penelitian kualiatif (Bandung: Alfabeta, 2005), h. 9.
Suhardiman, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Dasar Kajian Keislaman Fakultas Ilmu Tarbiyah IAIN Pontianak, (Jurnal at-Turats, Vol. 13 No. 2 tahun 2019), h. 94.
Suhardiman, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Dasar Kajian Keislaman Fakultas Ilmu Tarbiyah IAIN Pontianak, (Jurnal at-Turats, Vol. 13 No. 2 tahun 2019), h. 94.
Suhardiman, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan, h. 94.