PENGENDALIAN PENDIDIKAN TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN DALAM URGENSI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID –19
Main Article Content
Abstract
Indonesia termasuk dalam krisis wabah covid -19 yang mengakibatkan sekolah ditutup yang mengharuskan semua instansi memikirkan masa depan peserta didik dengan melakukan pembelajaran daring. Sehingganya dibutuhkan pengendalian yaitu controlling terhadap penggunaan media dalam situasi pembelajaran daring. Pembelajaran daring merupakan situasi belajar mengajar yang dilakukan tanpa tatap muka secara fisik namun dilakukan secara virtual dengan menggunakan media melalui aplikasi Whatshap. Sedangkan yang dimaksud dengan pengendalian atau controlling dalam penelitian ini adalah upaya yang dilakukan kepala sekolah untuk mengawasi keefektifan dalam penggunaan media pembelajaran.Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun yang menjadi lokasi penelitian ini adalah SDIT Permata umat yang berada di kecamatan tibawa. Hasil penelitian terkait dengan pengendalian pendidikan yakni controlling yang dilakukan kepala sekolah terhadap media pembelajaran melalui whatshap yakni kepala sekolah memiliki hak penuh terhadap pengendalian pendidikan yakni controlling yang dilakukan terhadap pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran daring menggunakan media pembelajaran melalui aplikasi Whatshap. Karena media merupakan hal terpenting dalam pembelajaran.
Article Details
References
Achmat Mubarok Achmat mubarok@Gmail.Com Strategi Peningkatan Pembelajaran Melalui Manajemen Boarding School (Studi Kasus Di Smp ‘Aisyiyah Boarding School Malang) http://Jurnal.Yudharta.Ac.Id/V2/Index.Php/Pai E-Issn (Online) : 2548-1371 Volume 3, Nomor 2, Juni 2018.
Engkoswara dan Aan Komariah, Administrasi Pendidikan, Bandung: ALFABETA, 2012.
Hani Handoko, Manajemen Edisi Kedua, Yogyakarta: BPFE, 2003.
Hanum, N.S. Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.
Hardani dkk Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, Pustaka, 2020.
Hidayat (2017). ANALISIS HAMBATAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIKA Jurnal JPPM Vol. 10 No. 2 (2017) diundu tanggal 14 September 2020.
http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/460/pdf diakses pada kamis 14 januari 2021 oukul 06:12 AM
http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/460/pdf diakses pada kamis 14 januari 2021 pukul 06:15 AM
https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4033/1527
https://paihadist.blogspot.com/2017/11/makalah-pengendalian-dalam-manajemen.html dikutip Pada Buku Iwa Sukiswa, Dasar-Dasar Umum Manajemen Pendidikan, (Bandung: Tarsito, 1986), Hlm. 53, Diakss Pada 13 Oktober 2020.
https://www.researchgate.net/publication/289365874 syahrizal abbas, manajemen perguruan tinggi beberapa catatan, cet. 2; jakarta: kencana, 2009.
Husaini Usman, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan
Iwa Sukiswa, Dasar-Dasar Umum Manajemen Pendidikan, (Bandung: Tarsito, 1986)
Malayu S.P. Hasibuan, Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah
Malayu S.P. Hasibuan, Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah
Muhammad Taufik Akbar. Manajemen Boarding School Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Man Wonosari Gunungkidul Yogyakarta. Diss. Uin Sunan Kalijaga, 2014
Nanang Fatah, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2008.
Nur, Mzah. Pendidikan Agama dalam Keluarga. At-Turats, 2015.
T. Hani Handoko, Manajemen Edisi Kedua
t-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Volume 10, No. 1, juni 2018iin meriza,pengawasan (controling) dalam institusi pendidikan, sekolah Tinggi agama islam negeri (stain) teungku dirundeng meulaboh email : Iinmeriza@gmail.com,
Waryanto, N.H. (2006). Online learning sebagai salah satu inovasi pembelajaran. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Matematika, Vol. 2, No.1, Desember 2006
Wulandari, M.S. & Rahayu, N., Pemanfaatan media pembelajaran secara online (e-learning) bagi wanita karir dalam upaya meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas, 2010.
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 2020.