MENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO LINGUAL PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI 1 KAB. GORONTALO

Authors

  • Ervin I. Mangalo IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Yuslin Kasan IAIN Sultan Amai Gorontalo

Keywords:

Audio Lingual, Maharah Al-Kalam

Abstract

             Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan media Audio Lingual dapat meningkatkan Maharah al-Kalam peserta didik di kelas VIII MTs N 1 Kab. Gorontalo.

            Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs N 1 Kab.Gorontalo yang berjumlah 31 peserta didik. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pada tiap-tiap siklus terdiri dari perencanaan (acting), pelaksanaan tindakan (Planning), pengamatan (observing), serta refleksi (reflecting, pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah melalui wawancara, lembar observasi guru dan peserta didik.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunakan media Audio Lingual dapat meningkatkan Maharah al-Kalam peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas VIII MTs N 1 Kab. Gorontalo. Pada siklus I terdapat 20 peserta didik yang belum tuntas sedangkan peserta didik yang sudah tuntas berjumlah 11 orang sehingga hasil pencapaian ketuntasan pada siklus satu hanya mencapai 65% kemudian peneliti tidak hanya berhenti pada siklus I. Peneliti melanjutkan pada siklus II. Di siklus II terjadi peningkatan yang luar biasa yaitu terdapat 26 orang peserta didik yang tuntas sedangkan sisanya 5 orang tidak tuntas.  Pada siklus 1 pencapaiannya 65% kemudian meningkat 18% pada siklus ke II, sehingga pencapaian ketuntasan pada siklus II menjadi 83%. Dari peningkatan tersebut dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran Audio Lingual dapat meningkatkan Maharah al-Kalam peserta didik.

Downloads

Published

2022-06-17