Jual Beli Akun Gojek Perspektif Al-Milk Al-Tamm

Main Article Content

Hamid Pongoliu
Firdawati Pakaya
Nurul Mahmudah

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang potensi gharar dalam jual beli akun Gojek (Analisis Perspektif al-Milk al-Tamm. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi gharar dalam jual beli akun Gojek dan untuk mengetahui jual beli akun Gojek dalam analisis perspektif al-Milk al-Tamm. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian mixed method yang mengkombinasikan antara metode penelitian lapangan secara empiris dan kualitatif pustaka dalam satu penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah driver Gojek. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, display data. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa jual beli akun Gojek termasuk bentuk jual beli gharar karena adanya ketidakpastian dalam penjualan dan minimnya keterbukaan antara kedua belah pihak. Dilihat dari beberapa fakta masih adanya oknum-oknum yang melakukan transaksi jual beli tanpa sepengetahuan dari pihak PT. Gojek dan tanpa membuat surat perjanjian, tidak transparan. peralihan kepemilikan akun Gojek yang hanya terjadi antara kedua belah pihak tetapi tidak dalam sistem aplikasi Gojek. Sedangkan dilihat dari analisis perspektif Al-Milk Al-Tamm dalam penjualan akun Gojek bersifat al-milk al-ain karena akun yang dimiliki oleh pemilik akun tidak sepenuhnya menjadi hak milik secara sempurna. Dengan al-milk al-ain pemilik harta tidak boleh memanfaatkan harta tersebut dan juga tidak boleh melakukan tindakan apapun atas harta tersebut termasuk menjualnya.

Article Details

How to Cite
Pongoliu, hamid, Pakaya, F., & Mahmudah, N. (2023). Jual Beli Akun Gojek Perspektif Al-Milk Al-Tamm. Hulondalo Muamalah Journal, 1(01), 47–70. Retrieved from https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/hijrel/article/view/949
Section
Articles