PENGARUH PENGETAHUAN TERHADAP RELIGIOSITAS DAN MINAT UNTUK MENGGUNAKAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH (Studi Pada Pengurus Muhammadiyah Di Provinsi Gorontalo)

Authors

  • Rini Angriani IAIN Gorontalo
  • Roni Mohamad
  • Sofhian

DOI:

https://doi.org/10.54045/mutawazin.v3i2.615

Abstract

The study aims to define the impact of knowledge on religiosity and interest in
using Islamic banking products (studi on Muhammadiyah administrators in
Gorontalo Province). The population in this study were all Muhammadiyah
administrators in Gorontalo Province, totaling 1003 people. Therefore, the
sample in this study was 100 respondents. Data collection techniques employed
observation, questionnaires, and documentation. The data analysis techniques
used the SEM technique with the help of the SPSS AMOS 23,0 application.
The results revealed that (1) knowledge had a positive and ignificant effect on
religiosity, (2) knowledge had a positive and significant effect on interest in using
Islamic banking products, and (3) religiosity positively and significantly affected
interest in using Islamic banking products. Meanwhile, for the indirect effect,
knowledge has a positive and significant effect on interest through religiosity as an
intervening variable in Gorontalo Province. The implication of this rescarch are
expected to add perspicuity for practitioners and student in general, including
banking, so it evolves into a benchmark and can expand sharia-based banks in
the province of Gorontalo.

Keywords: Knowledge, Religiosity, Interests, Muhammadiyah Administrators

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengetahuan
Terhadap Religiositas Dan Minat Untuk Menggunakan Produk
Perbankan Syariah (Studi Pada Pengurus Muhammadiyah Di Provinsi
Gorontalo). Populasi pada penelitian adalah semua pengurus
Muhammadiyah di Provinsi Gorontalo yang berjumlah 1003 orang.
Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 100 responden. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan
dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah menggunakan teknik SEM bantuan aplikasi SPSS AMOS
23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengetahuan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap religiositas, (2)
Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat untuk
menggunakan produk perbankan syariah, (3) Religiositas berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Minat untuk menggunakan produk
perbankan syariah. Sedangkan untuk pengaruh tidak langsung
menghasilkan bahwa Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Minat melalui religiositas sebagai variabel intervening di
provinsi Gorontalo. Implikasi penelitian ini di harapkan dapat
menambah wawasan bagi para praktisi, dan mahasiswa pada
umumnya, termasuk juga untuk perbankan agar menjadi tolak ukur dan dapat memperbanyak bank-bank yang berlandaskan syariah di
provinsi Gorontalo.

Kata Kunci: Pengetahuan, Religiositas, Minat Pengurus Muhammadiyah

Downloads

Published

2022-08-01