MENGHADAPI TANTANGAN ZAMAN MODERNISASI DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Keywords:
Modernisasi Pendidikan Islam, Keterampilan Abad 21, Stakeholders, Inovasi Kurikulum.Abstract
Artikel ini membahas pentingnya modernisasi dalam manajemen pendidikan Islam untuk menghadapi tantangan zaman yang terus berkembang. Modernisasi diperlukan agar pendidikan Islam tetap relevan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mampu menjawab tantangan globalisasi dan perubahan sosial. Penelitian ini mengidentifikasi tantangan yang dihadapi pendidikan Islam, termasuk kemajuan teknologi, globalisasi, dan krisis lingkungan, serta menyoroti pentingnya inovasi dalam kurikulum dan metode pengajaran. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai agama ke dalam sistem pendidikan yang modern, diharapkan dapat dihasilkan generasi Muslim yang cerdas secara akademis dan memiliki karakter moral yang kuat. Selain itu, artikel ini juga menekankan peran kolaborasi antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan masyarakat dalam mendukung proses modernisasi pendidikan Islam.
References
. Ajahari, Ajahari, Et Al. "Manajemen Konflik Perspektif Qur’ani, Filsafat, Psikologi Dan Sosiologi." Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam) 5.1 (2022): 31-48.
. Daulay, Saripuddin, And Rasyid Anwar Dalimunthe. "Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia (Komparasi Pengalaman Organisasi Muhammadiyah Dan Nahdlatul Ulama)." Fitrah: Journal Of Islamic Education 2.2 (2021): 125-140.
. Afista, Yeyen, Rifqi Hawari, And Umi Sumbulah. "Pendidikan Multikultural Dalam Transformasi Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia." Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5.1 (2021): 128-147.
. Tripitasari, Dika. "Peran Manajemen Pendidikan Islam Dalam Mempersiapkan Generasi Muslim Di Era Society 5.0." Berkala Ilmiah Pendidikan 4.3 (2024): 506-518.
. Pewangi, Mawardi. "Tantangan Pendidikan Islam Di Era Globalisasi." TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1.1 (2016): 1-11.
. Firmansyah, Firmansyah, Tasurun Amma, And Anis Mudawamah. "Dampak Globalisasi Dan Tantangannya Terhadap Pendidikan Islam." Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial 21.1 (2023): 43-54.
. Khofifah, Khofi, Et Al. "Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Islam." Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan 4.2 (2024): 218-223.
. Nurulloh, Endang Syarif. "Pendidikan Islam Dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan." Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7.2 (2019): 237.
. Basinun, Basinun. "Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia: Respon Muhammadiyah Terhadap Model Pendidikan Barat." At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam 16.2 (2018): 255-275.
. Nurhasanah, Ana, Reksa Adya Pribadi, And M. Dapid Nur. "Analisis Kurikulum 2013." Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 7.02 (2021): 484-493.
. Utomo, Fuad Try Satrio. "Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar." Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8.2 (2023): 3635-3645.
. Sugito, Sugito. "Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembuatan Modul Ajar Melalui Bimbingan Dan Latihan Di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang." Jurnal Pendidikan Dan Keguruan 1.3 (2023): 180-189.
. Apdilah, Saiful. Modernisasi Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren (Study Di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang). Diss. UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan, 2023.
. Muvid, Muhamad Basyrul, Miftahuuddin Miftahuuddin, And Moh Abdullah. "Pendidikan Islam Kontemporer Perspektif Hasan Langgulung Dan Zakiah Darajat." Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam 6.1 (2020): 115-137.
. Angga, Angga, Yunus Abidin, And Sofyan Iskandar. "Penerapan Pendidikan Karakter Dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21." Jurnal Basicedu 6.1 (2022): 1046-1054.
. Maisaroh, Anisa Amalia, And Sri Untari. "Transformasi Pendidikan Karakter Melalui Kebijakan Pemerintah Di Indonesia Menuju Generasi Emas 2045." Jurnal Kebijakan Pemerintahan (2024): 18-30.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Narwin Maunte, Rahmawati Caco

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.