Pengaruh Metode Langsung (Direct Method) Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madarasah Aliyah Al-Falah Limboto Barat

Penulis

  • Fitri Pakuna IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Damhuri IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58194/alkilmah.v2i1.854

Kata Kunci:

Metode Langsung, Keterampilan Berbicara

Abstrak

Artikel ini membahas tentang “Pengaruh Metode Langsung Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madarasah Aliyah Al-Falah Limboto Barat”. Adapun penelitian ini mengangkat beberapa pokok permasalahan yaitu (1) Seberapa besar pengaruh metode langsung terhadap kemampuan berbicara bahasa arab siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Falah. Adapun tujuan dari penelitian ini: Untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan Metode Langsung Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yakni melalui angket. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa Madarasah Aliyah Al-Falah Limboto Barat, sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa. Metode yang digunakan oleh guru bahasa Arab adalah Metode Langsung (Direct Method).Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan sebelumnya, diketahui bahwa metode langsung berpengaruh pada keterampilan berbicara siswa, Berdasarkan tabel Coefficient sebelumnya, pada kolom Unstandardized Coefficient, nilai X (metode langsung) sebesar 0.478 dan nilai thitungnya sebesar 2.457. dengan dk (derajat kebebasan)= n-2=32-2=30 dan α = 0.05, sehingga diperoleh nilai ttabel   = 1.697. Sehingga nilai thitung > ttabel  atau 2.457 > 1.679, artinya koefisien regresi variabel X dengan Y sangat signifikan.Dapat disimpulkan bahwa pengaruh Metode Langsung terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab siswa kelas IX Madrasah Aliyah Al-Falah sebesar 22,8484 % Dalam hal ini pengaruh metode langsung terhadap keterampilan berbicara siswa cukup kuat.

Diterbitkan

2023-06-08