Penggunaan Audiolingual dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Limboto Kabupaten Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.58194/alkilmah.v2i1.869Keywords:
Penggunaan Audiolingual, Pembelajaran Bahasa ArabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Penggunaan Audiolingual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Limboto Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskripstif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta tes untuk mengukur langsung penggunaan audiolingual. Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu setelah data terkumpul kemudian di klasifikasikan seseuai dengan masalah yang dibahas, dianalisis isinya kemudian diinterpretasikan dan diberikan kesimpulan metode berpikir yang digunakan metode induktif yaitu metode berpikir dari hal-hal yang besifat khusus kemudian ditarik fakta yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan audiolingual dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Limboto Provinsi Gorontalo dilakukan dengan cara guru member pelajaran dengan mendengarkan materi rekaman melalui microfon, setelah itu peserta didik menyimak materi dengan baik. (2) faktor pendukung pendukung penggunaan audiolingual dalam pembelajaran bahsa arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Limboto Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo yaitu: a) faktor materi yang menggunakan bahasa arab, b) guru bahasa arab yang kompetensi, c) media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian dengan beberapa kesimpulan sebagai berikut: Penggunaan Audiolingual dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model limboto sudah cukup baik menunjukkan bahwa 10% peserta didik sudah mampu menggunakan audiolingual dengan baik, sementara 5 % lainnya masih membutuhkan bimbingan dan arahan karena ada beberapa aspek yang belum mampu mereka capai.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Noor Faizah, Ibnu Rawandhy N Hula
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.