Penerapan Metode Tamyiz dalam Menerjemahkan Teks Bahasa Arab di MTs Al-Falah Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.58194/alkilmah.v1i1.86Keywords:
Metode, Tamyiz, Menerjemahkan, Teks ArabAbstract
Penelitian ini membahas penerapan metode Tamyiz dalam menerjemahkan teks Bahasa Arab di MTs al-Falah Gorontalo. Metode yang digunakan adalah classroom research dengan desain penelitian menggunakan model kemmis dan mc. Taggart yang meliputi : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode tamyiz terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam menerjemahkan teks bahasa Arab. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya hasil nilai yang diperoleh siswa di setiap siklus dan bahkan pada siklus II hanya 5% yang mendapat hasil yang kurang baik di antara 20 siswa. Implikasi penelitian ini bahwa tamyiz dapat dijadikan sebagai metode alternative dalam meningkatkan kemampuan menerjemahkan teks Arab tingkat menengah, termasuk dalam pencapaian standar ketuntasan belajar bahasa Arab di Madrasah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Serlita Rosilia, Abdullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.