Penerapan Metode Tamyiz dalam Menerjemahkan Teks Bahasa Arab di MTs Al-Falah Gorontalo

Authors

  • Serlita Rosilia IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Abdullah IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58194/alkilmah.v1i1.86

Keywords:

Metode, Tamyiz, Menerjemahkan, Teks Arab

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan metode Tamyiz  dalam menerjemahkan teks Bahasa Arab di MTs al-Falah Gorontalo. Metode yang digunakan adalah classroom research dengan desain penelitian menggunakan model kemmis dan mc. Taggart yang meliputi : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode tamyiz  terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam menerjemahkan teks bahasa Arab. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya hasil nilai yang diperoleh siswa di setiap siklus dan bahkan pada siklus II hanya 5% yang mendapat hasil yang kurang baik di antara 20 siswa. Implikasi penelitian ini bahwa tamyiz dapat dijadikan sebagai metode alternative dalam meningkatkan kemampuan menerjemahkan teks Arab  tingkat menengah, termasuk dalam pencapaian standar ketuntasan belajar bahasa Arab di Madrasah.

Downloads

Published

08-06-2022