Penggunaan Metode Qiraah Muwajjah untuk Meningkatkan Maharatul Qiraah dalam pembelajaran Bahasa Arab pada siswa di MAN Batudaa

Authors

  • Milanti Tahir Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Hairuddin Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Maharatul Qira’ah, Metode Qira’ah Muwajjaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Penggunaan Metode Qiraah Muwajjah Untuk Meningkatkan Maharatul Qiraah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X Di MAN Batudaa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Proposal ini ditulis dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) / class room action research, yang bersifat reflektif, partispatif, dan kalaborasi, bertujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan terhadap sistem, cara kerja, proses, isi, dan kompetensi atau situasi pembelajaran.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan metode Qiraah Muwajjah menunjukan adanya peningkatan Maharatul Qiraah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X Di MAN Batudaa dengan presentase pada siklus 1 dan 2. Presentase siklus 1 pada kegiatan peserta didik yang diamati yaitu struktur pada kategori sangat baik 20% atau 4 siswa, kategori baik 30% atau 6 siswa, kategori cukup baik 45% atau 9 siswa, kategori kurang baik 5% atau 1 siswa. Kemudian presentase pada kegiatan siswa yang diamati penguasaan kosa kata pada kategori sangat baik 10% atau 2 siswa, kategori baik 45% atau 9 siswa, kategori cukup baik 40% atau 8 siswa, kategori kurang baik 5% atau 1 siswa. Kemudian presentase yang diamati pada kegiatan siswa yaitu pemahaman teks kategori sangat baik 20% atau 4 siswa, kategori baik 50% atau 10 siswa, kategori cukup baik 30% atau 6 siswa. Kemudian presentase yang diamati pada kegiatan siswa yaitu analisis kategori sangat baik 20% atau 2 siswa, kategori baik 35% atau 7 siswa, kategori cukup baik 35% atau 7 siswa, kategori kurang baik 20% atau 4 siswa.kemudian presentase pada kegiatan siswa yang diamati yaitu membaca kategori sangat baik 25% atau 3 siswa, kategori baik 50% atau 5 siswa, kategori cukup baik 20% atau 4 siswa, kategori kurang baik 15% atau 4 siswa. Presentase siklu II pada kegiatan peserta didik yang diamati yaitu struktur pada kategori sangat baik 30% atau 6 siswa, kategori baik 35% atau7 siswa, kategori cukup baik 35% atau 7 siswa. Presentase pada kegiatan siswa yang diamati yaitu penguasaan kosa kata kategori sangat baik 35% atau 7 siswa, kategori baik 45% atau 9 siswa, kategori cukup baik 20% atau 4 siswa. Presentase pada kegiatan siswa yang diamati pemahaman teks kategori sangat baik 50% atau 10 siswa, kategori baik 35% atau 7 siswa, kategori cukup baik 10% atau 2 siswa, kategori kurang baik 5% atau 1 siswa. Presentase pada kegiatan siswa yang diamati yaitu analisis teks kategori sangat baik 35% atau 7 siswa, kategori baik 50% atau 10 siswa, kategori cukup baik 15% atau 3 siswa. Presentase pada kegiatan siswa yang diamati membaca teks kategori sangat baik 50% atau 10 siswa, kategori baik 30% atau 6 siswa, kategori cukup baik 20% atau 4 siswa.

Downloads

Published

2023-06-15