Meningkatkan Maharatul Kalam Siswa Menggunakan Metode Gabungan (Thariqah Al-intiqa’iyyah) Pada Kelas VIII MTs. Al-Hidayah Bulango Timur
DOI:
https://doi.org/10.58194/alkilmah.v2i1.853Keywords:
Maharul Al-Kalam, Metode Gabungan (Thariqah Al-Intiqa'iyyah)Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimanakah penerapan metode gabungan (thariqah al-intiqa’iyyah) pada kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Al-Hidayah Bulango Timur. Kemudian apakah dengan menggunakan metode gabungan (thariqah al-intiqa’iyyah) dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dikelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Al-Hidayah Bulango Timur. Tujuan penelitian dalam penulisan skiripsi ini adalah, untuk mengetahui bagaimana penerapan metode gabungan (thariqah al-intiqa’iyyah) dalam berkomunikasih menggunakan Bahasa Arab pada peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Bulango Timur. Adapun jenis penelitian yang saya gunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebanyak 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap kegiatan dan pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penerapan metode gabungan (Thariqah Al-intiqa’iyah) dapat meningkatkan Maharatul Al-Kalam peserta didik. Hal ini ditunjukan dengan hasil belajar siswa pada nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada soal Pre Tes adalah 47,72 kemudian setelah melakukan siklus I mendapat nilai rata-rata 61,81 dan pada siklus II adalah 76,09, kemudian pada siklus III mencapai 86,36. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode gabungan (Thariqah Al-intiqa’iyah) bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Al-Hidayah Bulango Timur pada semester genap tahun pelajaran 2015-2016.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ade Irmawati S. Abel, Zohra Yasin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.