Meningkatkan Maharatul Kalam Siswa Menggunakan Metode Gabungan (Thariqah Al-intiqa’iyyah) Pada Kelas VIII MTs. Al-Hidayah Bulango Timur

Authors

  • Ade Irmawati S. Abel IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Zohra Yasin IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58194/alkilmah.v2i1.853

Keywords:

Maharul Al-Kalam, Metode Gabungan (Thariqah Al-Intiqa'iyyah)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimanakah penerapan metode gabungan (thariqah al-intiqa’iyyah) pada kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Al-Hidayah Bulango Timur. Kemudian apakah dengan menggunakan metode gabungan (thariqah al-intiqa’iyyah) dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dikelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Al-Hidayah Bulango Timur. Tujuan penelitian dalam penulisan skiripsi ini adalah, untuk mengetahui bagaimana penerapan metode gabungan (thariqah al-intiqa’iyyah) dalam berkomunikasih menggunakan Bahasa Arab pada peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Bulango Timur. Adapun jenis penelitian yang saya gunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebanyak 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap kegiatan dan pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penerapan metode gabungan (Thariqah Al-intiqa’iyah) dapat meningkatkan Maharatul Al-Kalam peserta didik. Hal ini ditunjukan dengan hasil belajar siswa pada nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada soal Pre Tes adalah 47,72 kemudian setelah melakukan siklus I mendapat nilai rata-rata 61,81 dan pada siklus II adalah 76,09, kemudian pada siklus III mencapai 86,36. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode gabungan (Thariqah Al-intiqa’iyah) bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Al-Hidayah Bulango Timur pada semester genap tahun pelajaran 2015-2016.

Downloads

Published

08-06-2023