Dinamika Perkembangan Kurikulum Bahasa Arab Di Indonesia Ditinjau Secara Historis
DOI:
https://doi.org/10.58194/alkilmah.v1i2.822Keywords:
Kurikulum;, Bahasa Arab;, Historis;Abstract
Artikel ini bertujuan membahas tentang dinamika perkembangan kurikulum pembelajaran bahasa Arab ditinjau secara historis, serta menggali perjalanan dari kurikulum bahasa Arab itu sendiri. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskripsi dengan sumber data diperoleh dari buku, jurnal, dan artikel online yang sejalan dengan pembahasan yang sedang dijadikan tujuan kajian utama di dalam artikel ini. Temuan menunjukkan bahwa kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Indonesia yang berdasarkan data yang dikumpulkan dan dipetakan menjadi beberapa bagian yaitu bahwa kurikulum pembelajaran bahasa arab telah mengalami 5 kali perubahan dari tahun 1984 sampai 2013. Tetapi perubahan tersebut tidak berhenti sampai di situ saja bahkan kurikulum 2013 mengalami isi revisi sampai muncul kurikulum merdeka yang berdasarkan kebijakan terbaru.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Suleman Kadir, Muh. Arif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.