Pengaruh Penggunaan Metode TAMYIZ Terhadap Kemampuan Menerjemah Teks Berbahasa Arab Oleh Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Falah Kab. Gorntalo
DOI:
https://doi.org/10.58194/alkilmah.v1i2.579Keywords:
Metode Tamyiz, Menerjemah Teks Arab, PengaruhAbstract
Penelitian ini bertujuan mengungkap pengaruh penggunaan metode Tamyiz terhadap kemampuan menerjemah teks berbahasa Arab Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah al-Falah Limboto Barat. Masalahnya adalah bagaimana pengaruh yang ditimbulkan oleh penggunaan metode Tamyiz terhadap kemampuan menerjemah teks berbahasa Arab di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah al-Falah Limboto Barat? Masalah tersebut berusaha dijawab menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan expost facto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah data diuji menggunakan rumus analisis regresi sederhana = dan dibuktikan dengan pengujian hipotesis, di mana thitung > ttabel yaitu 2,196 > 1,734. dapat diketahui bahwa memang dijumpai ada pengaruh yang ditimbulkan dari penggunaan metode Tamyiz terhadap kemampuan menerjemah teks berbahasa Arab pada peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah al-Falah Limboto Barat, hanya saja pengaruhnya masih rendah. Sebab, kemampuan menerjemah teks berbahasa Arab tidak hanya butuh metode yang tepat, tapi juga harus ditunjang oleh minat belajar siswa dan keseriusannya, kompetensi guru, dan strategi mengajarkan Tamyiz.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Musdelifa Abu Samad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.