Peningkatan Maharatul Kalam Melalui Mufradat Peserta Didik Kelas VIII Mts Al-Khairat Kiyai Modjo Kab. Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.58194/alkilmah.v1i2.578Keywords:
Peningkatan, Maharatul Kalam, Mufradat, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini membahas tentang “Peningkatan Mahāratul Kalām Melalui Penguasaan Mufradāt Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Khairat Kiyai Modjo Kecamatan Limboto Barat Kab. GorontaloJenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan: Observasi dan Tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan yang terlihat pada hasil pengamatan melalui lembar observasi dan hasil test atas penggunaan mufradat untuk meningkatkan Maharatul Kalam. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan peserta didik pada siklus II sebesar 84,63% dibandingkan dengan hasil presentase ketuntasan pada pree test 56,25 dan Post tes Siklus I 63,15% dan siklus II 78,02%, Selisi antara pree test ke siklus I 42% ke Siklus II 15% dan mencapai 8% artinya Kemampuan Berbicara peserta didik meningkat 94,63% dengan melalui penguasaan Mufradat. Masalah-masalah yang ditemukan dalam penelitian serta pemecahannya, (1) Kekurangan guru bahasa Arab diatasi dengan penambahan tenaga pengajar, (2) Kurangnya penggunaan bahasa Arab dikalangan guru dan peserta didik diatasi dengan adanya aturan menyeluruh untuk menggunakan bahasa Arab dari pihak madrasah, (3) Mewajibkan peserta didik untuk bisa baca tulis al-Qur’an diatasi dengan adanya TPA
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rahim Karmila, Dzulkifli Mooduto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.