Analisis Analisis Semantik Awzan Al-Fi'il dalam Surah Al-A'la: Pendekatan Linguistik untuk Memahami Makna Kontekstual Kata Kerja Arab
DOI:
https://doi.org/10.58194/alkilmah.v4i1.2890Keywords:
Awzan, Fi'il, Al-A'laAbstract
Surah Al-A'la merupakan salah satu surah pendek dalam Al-Qur'an yang memiliki kedalaman makna luar biasa. Surah ini didominasi oleh bentuk kata kerja (fi'il) dengan berbagai pola wazan yang masing-masing membawa beban semantik khas, mencerminkan kedalaman pesan teologis dan linguistik yang mendalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Data primer diperoleh dari teks QS Al-A'la ayat 1–19, sementara data sekunder berasal dari kitab tafsir klasik dan kontemporer, serta rujukan linguistik Arab. Analisis dilakukan secara deskriptif-analitis melalui identifikasi fi'il, pengklasifikasian wazan, dan pengkajian makna semantik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Surah Al-A'la memuat variasi wazan fi'il seperti فَعَلَ, فَعَّلَ, أَفْعَلَ, dan تَفَعَّلَ. Setiap wazan membawa implikasi semantik berbeda, mulai dari makna dasar, penguatan, penyebab, hingga refleksivitas. Sebagai contoh, fi'il سَبِّحْ menunjukkan perintah untuk menyucikan secara intensif, bukan sekadar ritual harfiah. Secara linguistik, wazan-wazan tersebut menunjukkan kekayaan morfologis bahasa Arab dan memberikan pemahaman kontekstual yang lebih dalam terhadap pesan Al-Qur'an. Secara teologis, penggunaan fi'il dalam berbagai wazan menegaskan aspek tauhid, kekuasaan Allah, serta tanggung jawab spiritual manusia. Pendekatan semantik terhadap awzan al-fi'il membuka pemahaman yang lebih utuh terhadap isi dan pesan Surah Al-A'la.
References
A. Nurmawaddah, K. H. Minabari, and F. Aswad, “Korelasi Penguasaan Mata Pelajaran Bahasa Arab Dan Al-Qur’an Hadits,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 10, no. 16, pp. 1–23, 2024.
N. Fatimatuzzahrah, L. Supriadi, and M. R. Ridho, “Pengaruh Kosakata Bahasa Arab dan Tahfiz Al-Qur’an Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa di Madrasah Aliyah Syaikh Zainuddin NW Anjani Lombok Timur,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 9, no. 3, pp. 1943–1950, Aug. 2024, doi: 10.29303/jipp.v9i3.2639.
H. Q. Khansa, “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab,” Pros. Konf. Nas. Bhs. Arab, vol. 1, no. 2, pp. 53–62, 2016.
N. Sakdiah and F. Sihombing, “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab,” J. Sathar, vol. 1, no. 1, pp. 34–41, 2023, doi: 10.59548/js.v1i1.41.
P. Anggraini, L. Apriliani, P. V. Prasetyaningtyas, and N. Merdiaty, “The Effectiveness of Reading Al-Qur â€TM an Surah Al-A â€TM la on Short Term Memory,” vol. 7, no. 2, pp. 149–154, 2024.
R. Rahmadaniati, U. Islam, N. Sultan, and M. Hasanuddin, “ANALISIS SEMANTIK AWZANIL FI â€TM IL DALAM SURAT AL- ‘ ALAQ :,” vol. 3, no. 1, 2025, doi: 10.59548/js.v3i1.373.
T. I. Firdaus, “Representation of the Hedonism of the Main Character in Kevin Kwan’s Chinese Novel Rich Girlfriend,” Syntax Idea, vol. 5, no. 7, pp. 883–892, 2023, doi: 10.46799/syntax-idea.v5i7.2416.
R. Tanjung, Y. Supriani, O. Arifudin, and U. Ulfah, “Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan Islam,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 339–348, Jan. 2022, doi: 10.54371/jiip.v5i1.419.
N. A. Agustina and Bidari, “Analisis Kesalahan Makna Pada Terjemahan (Arab-Indonesia) Santriwati Kelas III Reguler a TMI Al-Amien Prenduan Sumenep,” Al-Ibrah, vol. 6, no. 1, pp. 1–5, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/116
R. L. Sianipar et al., “Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa Harapan Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa Harapan,” vol. 3, 2025.
D. B. Dalimunthe, “Semantik Al-Qur’an (Pendekatan Semantik Al-Qur’an Thoshihiko Izutzu),” Potret Pemikir., vol. 23, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.30984/pp.v23i1.801.
Kerwanto, “PEMIKIRAN FILOSOFIS SADRA DALAM TAFSĪR AL-QUR’ĀN AL- KARĪM : SURAH AL-’A‘LĀ,” vol. 4, no. 1, pp. 15–27, 2014.
Muhammad Lukman Hakim, Kholisin, and Y. Hanafi, “Proses Morfologis Wazan-Wazan Fi’il Mazid dan Maknanya dalam Al-Quran Juz 28,” Tarling J. Lang. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 201–228, 2020, doi: 10.24090/tarling.v3i2.3532.
Ngatipan Ngatipan and Kelik Ali Usman, “Analisis Fungsi dan Makna Wazan Af’ala Dalam Al Quran Surat Al Mu’minun,” J. Manaj. dan Pendidik. Agama Islam, vol. 2, no. 3, pp. 55–74, 2024, doi: 10.61132/jmpai.v2i3.236.
Sukamta, “KOMPLEKSITAS HUBUNGAN ANTARA WAZAN DAN MAKNA (Kajian terhadap Variasi Wazan dan Ambiguitas Bentuk Kata dalam Bahasa Arab),” Adab. J. Bhs. dan Sastra, vol. 11, no. 1, p. 1, 2012, doi: 10.14421/ajbs.2012.11101.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ardiani Musa, Asfar Rinaldy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.