Studi Analisis Morfologis Fi’il (Kata Kerja) ditinjau dari Huruf Penyusunnya pada Surah Al-bayyinah

Authors

  • Nurfadila Hulantu IAIN Sultan Amai Gorontalo https://orcid.org/0009-0009-6564-5241
  • Adtman A. Hasan IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Dzulkifli M Mooduto IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • M. Fairuz Rosyid UIN K.H. Abdurrahhman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.58194/al-kilmah.v4i1.2827

Keywords:

Morfologi, Fi’il (kata kerja), Bahasa Arab;, Al-Bayyinah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis morfologis fi’il (kata kerja) dalam Surah Al-Bayyinah dengan fokus pada huruf-huruf penyusunnya. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (literatur review), yang melibatkan pengumpulan dan analisis data dari sumber-sumber literatur terkait. Pendekatan ini dilakukan untuk memahami struktur morfologis fi’il serta pola perubahan kata kerja dalam konteks bahasa Arab Al-Qur’an. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi fi’il yang terdapat dalam Surah Al-Bayyinah, menguraikan huruf-huruf penyusunnya, serta mengelompokkan fi’il berdasarkan bentuk dan jenisnya, baik dari sisi wazan (pola) maupun fungsi gramatikalnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fi’il dalam Surah Al-Bayyinah ditemui sebanyak 18 fi’il,dengan fi’il mujarrad sebanyak 13 dan fi’il mazid sebanyak 5. Selain itu, penelitian ini juga bermanfaat bagi pengajaran bahasa Arab dan kajian tafsir Al-Qur’an, karena membantu memperjelas makna kata kerja dalam konteks ayat. Kesimpulan penelitian ini memperkuat urgensi studi morfologi dalam memahami kedalaman struktur bahasa Al-Qur’an.

References

[1] N. Khasanah, “Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Uregensi Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Indonesia),” An-Nidzam J. Manaj. Pendidik. dan Stud. Islam, vol. 3, no. 2, pp. 39–54, 2016, doi: 10.33507/an-nidzam.v3i2.16.

[2] A. H. Bisri Mustafa, “Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN Maliki Press, 2012), h. 68,” Nidhomul Haq J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 1–28, 2012, [Online]. Available: http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/4

[3] Izzudin Mustafa, Tubagus Kesa Purwasandy, and Isop Syafe’i, “Kata Kerja Transitif dan Intransitif dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Studi Linguistik Kontrastif),” Stud. Arab, vol. 11, no. 1, pp. 1–12, 2020, doi: 10.35891/sa.v11i1.1891.

[4] S. Fahraini, “Dinamika Psikologi Siswa Dalam Konteks Pembelajaran Bahasa Arab : Memahami Keterkaitan dengan Resiliensi Pendidikan,” 2023.

[5] S. Junifer, “Buku Morfologi,” Morfologi, pp. 5–20, 2021.

[6] A. F. S. Hidayat et al., “Pendampingan Pembelajaran Ilmu Nahwu Sharaf,” Tafani J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 45–49, 2022, [Online]. Available: http://journal.uinsi.ac.id/index.php/TAFANI/article/view/5455

[7] A. R. Asep Dhoni Syaiful Milah, “LINCA : JURNAL KAJIAN BAHASA Integrasi Pengaplikasian Media Pembelajaran Klasik dan,” LINCAJurnal Kaji. Bhs., vol. 2, pp. 130–155, 2024.

[8] R. Akbar, B. Pramono, and R. A. Saputra, “Implementasi Algoritma Simon Pada Aplikasi Kamus Perubahan Fi’il (Kata Kerja Bahasa Arab) Berbasis Android,” Ultim. J. Tek. Inform., vol. 13, no. 1, pp. 12–18, 2021, doi: 10.31937/ti.v13i1.1850.

[9] H. M. Y. A.-A. wijayanti Hi. Arsad, Marida Musa, “Analisis Fi’il Mudhari Dalam Surah Al-Ikhlas,” Al-Tadabburi J. Kaji. Sos. Perad. dan agama, vol. 09, no. 01, pp. 113–122, 2023.

[10] M. B. Sholih and I. Fadilah, “MAKNA KALIMAT PERINTAH DALAM KITAB ‘ASBAB WURUD AL-HADIS’ (KAJIAN SEMANTIK),” Maj. Ilm. tabuah Ta’limat,Budaya,Agama,dan Hum., vol. 26, pp. 48–55, 2022.

[11] S. Ramadhani, “Kontrastif Kalimat Pasif Dalam Bahasa Arab Dan Bahasa Inggris,” Lintang Songo J. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 37–45, 2019, doi: 10.55732/jls.v2i1.1036.

[12] Andy Riski Pratama, kajian bahasa arab. 2023.

[13] A. Zunaidah, L. Shofiyatuzzain, S. N. Mawaddah, S. K. Muhammad, and A. Shodiq, “Fi’il Ditinjau dari Jumlah Huruf Penyusunnya (Studi Analisis Morfologi Bahasa Arab Pada Qur’an Surat Al-’Alaq),” Edufest, vol. 2, pp. 60–64, 2023.

[14] B. Nurhayati, “Fi’il Mazid dalam Surah Hud (Studi Analisis Sharaf),” PELITA J. Pendidik. dan Kegur., vol. 1, p. 31, 2023.

[15] D. Defnaldi, “Afiksasi Morfologi Pada Fi’il Tsulaasi Maziid Geminasi Dalam Bahasa Arab,” Ar-Rusyd J. Pendidik. Agama Islam, vol. 1, no. 2, pp. 121–136, 2022, doi: 10.61094/arrusyd.2830-2281.50.

[16] N. Salis Alamin and R. Anisah, “Makna Dari Bentuk-Bentuk Fi’il Mazid Dalam Surat Maryam Dan Surat Al-Anbiyaa’ (Kajian Analisis Morfologi),” J. Educ., vol. 6, no. 4, pp. 18215–18225, 2024, doi: 10.31004/joe.v6i4.5766.

[17] S. Sabilah, H. Peranginangin, and I. Susiawati, “Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Peningkatan Penguasaan Ilmu Nahwu dan Sharaf Mahasiswa IAI AL-AZIS,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 5, pp. 1349–1358, 2022.

[18] م. ع. ا. الدنقري and أ. ز. م. ب. س. البحيريّ, متن البناء والأساس في علم التصريف. 2017.

[19] R. K. Sari, “Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia,” J. Borneo Hum., vol. 4, no. 2, pp. 60–69, 2021, doi: 10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249.

[20] E. P. Zai, M. M. Duha, E. Gee, and B. Laia, “Peran Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah Di Sma Negeri 1 Ulugawo,” Curve Elast. J. Pendidik. Ekon., vol. 3, no. 2, pp. 13–23, 2022, doi: 10.57094/jpe.v3i2.460.

[21] A. Ramadanti Cania, “Studi Maqâshid Al-Qur’ân Surah Al-Bayyinah Menurut Muhammad ‘Abduh Dalam Kitab Tafsir Juz ‘Amma,” Rayah Al-Islam, vol. 8, no. 3, pp. 1099–1117, 2024, doi: 10.37274/rais.v8i3.1057.

[22] M. Rahmah, N. N. Fithriyah, and N. Mufidah, “Reward dan Punishment dalam Perspektif Surat Al-Bayyinah,” Islam. Insights J., vol. 3, no. 1, p. 36, 2020.

Downloads

Published

10-06-2025

How to Cite

Hulantu, N., Adtman A. Hasan, Dzulkifli M Mooduto, & Rosyid, M. F. (2025). Studi Analisis Morfologis Fi’il (Kata Kerja) ditinjau dari Huruf Penyusunnya pada Surah Al-bayyinah. Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Humaniora, 4(1), 55–67. https://doi.org/10.58194/al-kilmah.v4i1.2827