Peningkatan Minat Belajar Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Kartu Mufradat Pada Siswa Kelas V MIS Al Huda Kota Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.58194/al-kilmah.v4i1.2820Keywords:
Kartu Mufradat, Minat Belajar, Bahasa Arab, Pembelajaran InteraktifAbstract
Pembelajaran bahasa Arab di kelas V MIS Al Huda Kota Gorontalo menghadapi tantangan rendahnya minat dan hasil belajar siswa akibat metode konvensional yang monoton. Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar melalui penggunaan media kartu mufradat (kosakata bergambar) yang interaktif. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus (perencanaan, tindakan, observasi, refleksi) diterapkan pada 25 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif dan angket minat berbasis skala Likert, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil siklus I menunjukkan rata-rata skor minat 58,6 (kategori cukup) dengan partisipasi aktif 40%. Pada siklus II, setelah intervensi teknik role-play dan think-pair-share, skor minat meningkat signifikan menjadi 81,2 (kategori baik), partisipasi aktif mencapai 88%, dan 92% siswa menyatakan ketertarikan pada media kartu. Peningkatan tertinggi terjadi pada keterlibatan diskusi (57%) dan antusiasme penggunaan kartu (47%), menunjukkan efektivitas media dalam menciptakan lingkungan belajar interaktif serta meningkatkan penguasaan kosakata. Temuan ini sejalan dengan teori konstruktivistik yang menekankan peran aktif siswa. Kendala seperti kesulitan pelafalan (makhraj) dan kebutuhan variasi sistem penghargaan menjadi catatan penting. Penelitian merekomendasikan penggunaan media visual-inovatif dalam pembelajaran bahasa Arab tingkat dasar untuk meningkatkan minat dan hasil belajar, khususnya di lingkungan madrasah. Implikasi praktisnya, pendekatan ini dapat menjadi solusi kreatif bagi guru dalam menghadapi keterbatasan metode konvensional
References
[1] D. Adistya, “EFEKTIVITAS MEDIA KARTU GAMBAR MAPEL BAHASA ARAB TERHADAP PENGUASAAN MUFRADAT SISWA KELAS 3 SDIT AL-MUTHI’IN.” UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, 2024.
[2] A. N. Pauseh, N. N. Azmi, and A. Pranata, “Analisis Faktor Faktor Kesulitan Belajar Bahasa Arab Serta Solusinya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar,” Armala, vol. 3, no. 1, pp. 47–56, 2022.
[3] X. X. Miao and P. Wang, “A Literature Review on Factors Affecting Motivation for Learning Arabic as a Foreign Language,” Open J. Soc. Sci., vol. 11, no. 06, pp. 203–211, 2023, doi: 10.4236/jss.2023.116014.
[4] R. Tukimin, N. M. R. N. Yusoff, H. Baharudin, and F. Hussain, “Innovative Arabic Language Teacher: A Dream or a Hope,” Int. J. Acad. Res. Progress. Educ. Dev., vol. 7, no. 4, 2018, doi: 10.6007/ijarped/v7-i4/4844.
[5] M. D. H. Al Ghozali and L. Mathoriyah, Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, 2020.
[6] A. Ahmadi and A. M. Ilmiani, “The Use of Teaching Media in Arabic Language Teaching During Covid-19 Pandemic,” Din. Ilmu, pp. 307–322, 2020, doi: 10.21093/di.v20i2.2515.
[7] H. Aulia, “PENGGUNAAN MEDIA KARTU UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB MATERI AL-MIHNAH PADA SISWA KELAS IV MI INSAN CENDEKIA,” Kareem J. Islam. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 171–189, 2024.
[8] A. M. Ilmiani, A. Ahmadi, N. F. Rahman, and Y. Rahmah, “Multimedia Interaktif untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab,” Al-Ta’rib J. Ilm. Progr. Stud. Pendidik. Bhs. Arab IAIN Palangka Raya, vol. 8, no. 1, pp. 17–32, 2020, doi: 10.23971/altarib.v8i1.1902.
[9] W. Wang, X. Wang, S. Li, T. Ma, M. Liu, and H. Q. Sun, “The Relationship Between Emotional Interaction and Learning Engagement in Online Collaborative Learning: Moderated Mediating Effect,” Psychol. Sch., vol. 61, no. 4, pp. 1549–1564, 2024, doi: 10.1002/pits.23125.
[10] Z. Abdussamad, “Buku Metode Penelitian Kualitatif,” 2022, doi: 10.31219/osf.io/juwxn.
[11] M. Munji’ah, “Upaya Menyadarkan Peserta Didik Dalam Efisiensi Pembuangan Sampah Di Sekolah Menengah Pertama PGRI 2 Kalipare,” DeCive, vol. 2, no. 11, pp. 430–435, 2022, doi: 10.56393/decive.v2i11.1790.
[12] W. Lestari, L. D. Pratama, and J. Jailani, “Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika,” AKSIOMA J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 9, no. 1, pp. 29–36, 2018.
[13] U. .Ubaidurrohman and F. M. Ammar, “Pengaruh Media Power Point Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII Pondok Pesantren Al_Fattah Buduran Sidoarjo,” Jiip - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 7, no. 5, pp. 4319–4323, 2024, doi: 10.54371/jiip.v7i5.4179.
[14] I. Ngarifah, “Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Pelajaran Bahasa Arab,” Tadris, vol. 11, no. 1, pp. 177–193, 2023, doi: 10.21274/tadris.2023.11.1.177-193.
[15] M. S. Jailani and D. A. Saksitha, “Tehnik analisis data kuantitatif dan kualitatif dalam penelitian ilmiah,” J. Genta Mulia, vol. 15, no. 2, pp. 79–91, 2024.
[16] S. Susanti, F. Aminah, I. M. Assa’idah, M. W. Aulia, and T. Angelika, “Dampak negatif metode pengajaran monoton terhadap motivasi belajar Siswa,” Pedagog. J. Pendidik. dan Ris., vol. 2, no. 2, pp. 86–93, 2024.
[17] A. Basid and M. R. Ramadhan, “STRATEGI KREATIF MENGAJAR BAHASA ARAB: PENGUATAN PEMBUATAN KARTU KWARTET MUFRADAT DI SMA AS-SHOMADIYAH BANGKALAN,” Glow J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 17–27, 2024.
[18] E. K. Anggraini, “Penggunaan Media Kartu Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah,” Indones. J. Action Res., vol. 1, no. 2, pp. 265–271, 2022, doi: 10.14421/ijar.2022.12-15.
[19] H. Hapinas, A. Aslan, and M. Hasanah, “PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VII MTSS YASTI PIMPINAN TAHUN PELAJARAN 2023-2024,” J. Komun., vol. 3, no. 1, pp. 10–17, 2025.
[20] L. Choiriatul, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV SD S ISLAM AL-FURQON TULANG BAWANG BARAT.” UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuslin Kasan, Sintiya Rajalani, Adittia Batalipu, Ahmad Isilah, Damhuri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.