Analisis Dinamika Minat Belajar Bahasa Arab di Era Digital: Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pone Limboto Barat
DOI:
https://doi.org/10.58194/alkilmah.v3i2.2700Keywords:
Minat Belajar, Bahasa Arab, Studi KasusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar bahasa Arab peserta didik kelas VIII di SMP Muhammadiyah Pone, Kecamatan Limboto Barat, Gorontalo. Bahasa Arab memiliki peran penting sebagai bahasa agama dan ilmu pengetahuan, terutama dalam konteks pendidikan Islam di Indonesia. Meskipun demikian, kenyataannya masih banyak peserta didik yang merasa kesulitan dalam mempelajarinya, yang berdampak pada rendahnya minat belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada peserta didik kelas VIII. Data dianalisis secara statistik menggunakan teknik persentase untuk mengetahui tingkat minat belajar dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar bahasa Arab berada pada kategori sedang. Faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar ini meliputi persepsi peserta didik terhadap bahasa Arab, metode pembelajaran yang digunakan guru, serta interaksi dalam proses belajar mengajar. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan dalam pengembangan strategi pembelajaran bahasa Arab yang lebih menarik, komunikatif, dan relevan dengan kebutuhan siswa masa kini.
References
W. Oktavia and N. Hayati, “Pola Karakteristik Ragam Bahasa Istilah Pada Masa Pandemi COVID 19 (Coronavirus Disease 2019),” Tabasa J. Bahasa, Sastra Indones. dan Pengajarannya, vol. 1, no. 1, pp. 1–15, Aug. 2020, doi: 10.22515/tabasa.v1i1.2607.
R. L. Utami, “Konsep Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Komunikatif di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Depok,” Shaut al Arab., vol. 8, no. 1, p. 64, Jul. 2020, doi: 10.24252/saa.v8i1.12270.
V. M. Niswah, “Pengaruh Pemanfaatan Media Game Big City Adventure Terhadap Hasil Belajar Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Ihyaul Ulum Bluri Lamongan,” J. Mhs. Teknol. Pendidik., 2014.
A. Rohmawati, “Efektivitas Pembelajaran,” J. Pendidik. Usia Dini, vol. 9, no. 1, pp. 15–32, 2015, doi: https://doi.org/10.21009/JPUD.091.
Y. Yusanto, “Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif,” J. Sci. Commun., vol. 1, no. 1, Apr. 2020, doi: 10.31506/jsc.v1i1.7764.
F. Fatkhurrohman, “Sistem Pengajaran Bahasa di Indonesia dan Problem Bahasa Arab Secara Aktif,” Lisanan Arab. J. Pendidik. Bhs. Arab, vol. 1, no. 01, pp. 92–103, Sep. 2018, doi: 10.32699/liar.v1i01.195.
I. Arifuddin, “Efektivitas pendidikan kader ulama di berbagai pesantren,” Al-Qalam, vol. 12, no. 1, pp. 19–46, 2006.
L. Matondang and S. Syahril, “Kinerja Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Sekolah Menengah Pertama,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 3, no. 6, pp. 4094–4101, Sep. 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i6.1334.
M. L. Hakim, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Game Interaktif Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab,” Arab. J. Arab. Stud., vol. 2, no. 2, p. 156, Mar. 2018, doi: 10.24865/ajas.v2i2.56.
R. Haniefa, “Implementasi Model Penilaian Hots (Higher Order Thinking Skills) Pada Penilaian Empat Keterampilan Berbahasa Arab,” Ta’limi | J. Arab. Educ. Arab. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 49–71, Jan. 2022, doi: 10.53038/tlmi.v1i1.11.
I. R. N. Hula, M. Z. Paputungan, and Ana Mariana, “Pengembangan Hybrid Learning Berbasis Aplikasi Computer Assited Test (Cat) Pada Program Arabic Proficiency Test,” Tadbir J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 9, no. 1, pp. 103–125, Mar. 2021, doi: 10.30603/tjmpi.v9i1.2063.
R. Linur, “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Mursyidi Sialogo,” AL-WARAQAH J. Pendidik. Bhs. Arab, vol. 3, no. 1, pp. 11–21, Jul. 2022, doi: 10.30863/awrq.v3i1.2946.
S. Sarif, “Pembelajaran Muhadasah Dan Problematikanya Di Mts Ma’had Hadits Al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone,” A Jamiy J. Bhs. dan Sastra Arab, vol. 5, no. 1, pp. 94–116, 2020.
M. Hasanah and R. R. Sari, “Rekonstruksi Proses Pembelajaran Bahasa Arab Perspektif Al-Qur’an,” Arab. J. Arab. Stud., vol. 6, no. 2, pp. 205–219, 2021.
Sudaryanto, Metode dan aneka teknik analisis bahasa: Pengantar penelitian wahana kebudayaan secara linguistis, vol. 64. Duta Wacana University Press, 1993.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ayuba Pantu, Zulaeha Zulaeha, Fira Sutira Damulawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.