Pengembangan Materi Ajar Bahasa Arab Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa Kelas 9 MTs Al-Yusra Kota Gorontalo

Authors

  • Sutri S. Mustapa IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Ratni Bt. Hj. Bahri IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Lian G. Otaya IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Haeruddin Haeruddin Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.58194/alkilmah.v3i2.2330

Keywords:

Pengembangan, Materi Ajar, Bahasa Arab, Kearifan Lokal

Abstract

Penelitian pengembangan materi ajar bahasa Arab berbasis Kearifan Lokal telah selesai dilakukan di MTs Al-Yusra Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan materi pembelajaran bahasa Arab berbasis kearifan lokal serta memahami metode yang digunakan untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa kelas IX MTs Al-Yusra Kota Gorontalo. Subyek penelitian ini berjumlah 21 orang. siswa kelas IX. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau Reasearch and Development dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi dan lembar angket. Hasil validasi dari empat orang validator diperoleh persentase rata-rata sebesar 86% dengan kriteria layak. Hasil angket respon guru diperoleh persentase sebesar 86% dengan kriteria sangat baik. Hasil angket respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 71% dengan kriteria baik serta perolehan hasil rata-rata nilai pada evaluasi materi ajar sebesar 80,47. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Materi ajar bahasa Arab berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas IX ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar di Mts Al-Yusra Kota Gorontalo.

Downloads

Published

10-12-2024

How to Cite

S. Mustapa, S., Hj. Bahri, R. B., G. Otaya, L., & Haeruddin, H. (2024). Pengembangan Materi Ajar Bahasa Arab Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa Kelas 9 MTs Al-Yusra Kota Gorontalo. Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Humaniora, 3(2), 117–135. https://doi.org/10.58194/alkilmah.v3i2.2330