Pengembangan Materi Ajar Bahasa Arab Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa Kelas 9 MTs Al-Yusra Kota Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.58194/alkilmah.v3i2.2330Keywords:
Pengembangan, Materi Ajar, Bahasa Arab, Kearifan LokalAbstract
Penelitian pengembangan materi ajar bahasa Arab berbasis Kearifan Lokal telah selesai dilakukan di MTs Al-Yusra Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan materi pembelajaran bahasa Arab berbasis kearifan lokal serta memahami metode yang digunakan untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa kelas IX MTs Al-Yusra Kota Gorontalo. Subyek penelitian ini berjumlah 21 orang. siswa kelas IX. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau Reasearch and Development dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi dan lembar angket. Hasil validasi dari empat orang validator diperoleh persentase rata-rata sebesar 86% dengan kriteria layak. Hasil angket respon guru diperoleh persentase sebesar 86% dengan kriteria sangat baik. Hasil angket respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 71% dengan kriteria baik serta perolehan hasil rata-rata nilai pada evaluasi materi ajar sebesar 80,47. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Materi ajar bahasa Arab berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas IX ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar di Mts Al-Yusra Kota Gorontalo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sutri S. Mustapa, Ratni Bt. Hj. Bahri, Lian G. Otaya, Haeruddin Haeruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.