Isu dan Problematika dalam Pembelajaran Maharah Kalam
DOI:
https://doi.org/10.58194/alkilmah.v2i1.1847Keywords:
Isu Pembelajaran, Problematika Bahasa Arab, Problematika PembelajaranAbstract
Problematika maharah kalam merupakan tantangan utama dalam pembelajaran bahasa Arab, dipengaruhi oleh faktor sosial, kualitas guru, dan lainnya. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengamati fenomena ini, namun masih terdapat keterbatasan dalam studi-studi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika pembelajaran maharah kalam di Madrasah Aliyah Al-Falah serta memberikan solusi yang sesuai. Dengan pendekatan deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan metode Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data dijamin melalui triangulasi sumber, teknik, dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah utama dalam pembelajaran maharah kalam adalah faktor linguistik, seperti kesulitan penyebutan huruf, keterbatasan kosakata, dan ketidaktepatan menyusun kalimat. Solusi untuk faktor ini meliputi penerapan pembelajaran imla’, penyediaan buku kecil untuk mencatat kosakata, dan latihan membuat kalimat sempurna. Selain itu, terdapat juga faktor non-linguistik seperti latar belakang peserta didik, kurangnya disiplin dalam berbicara bahasa Arab, kurangnya variasi metode dan media pembelajaran, serta keterbatasan alokasi waktu. Untuk mengatasi faktor non-linguistik ini, solusi yang diusulkan adalah pengulangan pembelajaran dari awal, pemberian waktu tiga bulan untuk latihan berbicara, penggunaan metode dan media yang lebih variatif, serta pelanjutan pembelajaran di pondok pesantren.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zahra Atika Mappiara, Muh Arif, Mikhtar I Miolo, Suleman D. Kadir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.