Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Penerapan Kaidah Mudhaf-Mudhaf Ilaih

Authors

  • Yumin Saleh IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Damhuri IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Ratni Bt Hj Bahri IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Muhammad Zaki IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58194/alkilmah.v1i2.1843

Keywords:

Analisis Kesalahan Berbahasa, Kaidah Mudhof Mudhof Ilahi

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah yakni, 1) bagaimana tingkat kesalahan mahasiswa semester 4 dalam menerjemahkan kaidah mudhaf mudhaf ilah?, 2) Bagaimana bentuk-bentuk kesalahan terjemahan mahasiswa? 3) Faktor apa yang menyebabkan terjadinya kesalahan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dialami mahasiswa dalam menerjemahkan kaidah mudhaf mudhaf ilaih pada mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab semester 4.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan bahasa Arab semester 4 Gorontalo sejumlah 23 mahasiswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesalahan dalam menerjemahkan kosakata sebesar 76.74. dengan kategori kesalahan dalam kosakata sangat tinggi sebesar 43.5 %, kesalahan dalam menerjemahkan dengan kategori tinggi sebesar 52.2 %, sedangkan mahasiswa yang mengalami kesalahan dengan kategori sedang sebesar 4.3 %.

Adapun tingkat kesalahan dalam menerjemahkan kaidah idhafah  dengan nilai rata-rata 88.26. Dengan kategori, 73.9 % mahasiswa mengalami kesalahan dalam menerjemahkan dengan kategori sangat tinggi, sedangkan mahasiswa yang mengalami kesalahan dengan kategori tinggi sebesar  26.1 %. Kesalahan ini terjadi karena kurangnya pengetahuan mahasiswa tentang kaidah mudhaf-mudhaf ilaih. sehingga mahasiswa sulit menyusun kalimat mudhaf-mudhaf ilaih.

Downloads

Published

08-12-2022