Telaah Kurikulum Bahasa Arab di Pondok Pesantren

Authors

  • Ibadurrahman Ali UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nabila Nabila UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Friske Tuli IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Mohamad Lahay IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58194/alkilmah.v2i2.1585

Keywords:

Kurikulum, Bahasa Arab, Pondok Pesantren, Darul Ukhuwah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kurikulum bahasa Arab di pondok pesantren: studi kajian di Pondok Pesantren Darul Ukhuwah Putri 1 Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menggambarkan pola penerapan kurikulum bahasa Arab di pondok pesantren. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Teknik observasi dilakukan dengan peneliti terjun langsung sebagai pengajar dan mengamati pola kurikulum dan proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Adapun teknik wawancara dilakukan secara tidak terstruktur kepada staf kurikulum pondok pesantren Darul Ukhuwah Putri 1 Kota Malang. Hasil artikel ini menunjukkan bahwa secara historis, pondok pesantren tidak mengenal kurikulum secara umum, akan tetapi seiring berkembangnya dinamika pendidikan maka pondok pesantren mulai mengenal adanya kurikulum, khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemudian pondok pesantren terdapat dua kelompok secara garis besar yaitu, pesantren tradisional (salafi) dan pesantren modern (khalafi), dan seiring berkembang pesantren terdapat juga yang dikenal dengan pesantren mu'adalah.

Downloads

Published

08-12-2023