Pemanfaatan Aplikasi Canva dan Kine Master Sebagi Media Pembelajaran Bahasa Arab

Authors

  • Sintia S Noho IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Ibnu Rawandhy N Hula IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Muhammad Nur Iman IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Abdul Yaumil Achir Akub IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58194/alkilmah.v2i2.1377

Keywords:

Aplikasi Canva, Aplikasi Kine Master, Media Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menilai sejauh mana efektivitas pemanfaatan Aplikasi Canva dan Aplikasi Kinemaster sebagai media pembelajaran bahasa Arab. Kedua aplikasi ini terdapat kekurangan sehingga dikolaborasikan untuk mencapai hasil yang sesuai dalam pembelajaran bahasa arab. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang fokusnya adalah menjelaskan data di lapangan tanpa melakukan perbandingan atau mengaitkannya dengan variabel lain. Adapun Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Aplikasi Canva dan Aplikasi Kinemaster layak dan efektif digunakan sebagai media untuk pembelajaran bahasa arab. Hal ini dibuktikan dengan hasil kuesioner yang telah dibagikan kepada peserta didik dan berdasarkan analisis data terhadap nilai dari peserta didik menunjukan presentase sebesar 79%. Persentase ini berada dalam kisaran nilai antara 60%-79,99%. Melihat dari hasil ini, maka dapat diambil kesimpulan bahwasanya Aplikasi Canva dan Kine Master layak digunakan  pada pembelajaran bahasa arab.

Downloads

Published

08-12-2023