SISTEM PENDIDIKAN SURAU: KARAKTERISTIK, ISI, DAN LITERATUR KEAGAMAAN

Authors

  • Syamsuri Insititut Agama Islam Al-Ghurabaa Rawamangun Jakarta Timur
  • An An Andari Universitas Islam An Nur Lampung
  • Muhammad Nasor Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Sistem Pendidikan Surau, Karakteristik, Isi, Literatur Keagamaan

Abstract

Keberadaan Surau merupakan lembaga pendidikan non Islam tertua di Minangkabau, dengan masuknya Islam di Minangkabau, maka terjadinya Islamisasi terhadap fungsi Surau. Dengan adanya perubahan pada lembaga pendidikan Surau ini, terjadi transformasi keilmuan dan kebudayaan kepada para pemuda Minang. Pengetahuan yang didapat pun selama ini di Surau tidak hanya sekedar ilmu agama saja, namun juga ilmu-ilmu umum yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti; ilmu budaya adat istiadat, berwirausaha, ilmu bela diri, kesopanan, kemandirian, dan sebagainya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode literature review yang artinya metode yang sistematis, eksplisit dan reprodusibel untuk melakukan identifikasi, evaluasi dan sintesis terhadap karya-karya hasil penelitian dan hasil pemikiran yang sudah dihasilkan oleh para peneliti dan praktisi. Menurut Hasibuan, Zainal A. (2007), Literature review berisi uraian tentang teori, temuan dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari bahan acuan untuk dijadikan landasan kegiatan penelitian. Sumber data berasal dari referensi internet dan objek penelitian ini adalah Lembaga Pendidikan Surau yang didirikan oleh Syekh Burhanuddin Ulakan, Pariaman. Syekh Burhanuddin pada tahun 1680, ia kembali ke Ulakan dan mendirikan Surau di Tanjung Medan yang terletak dikompleks seluas sekitar 4 hektar. Disana, ia menyebarkan ajaran Islam sekaligus mengembangkan Tarekat Syattariyah. Keberadaan Surau berkontribusi besar bagi masyarakat sekitar dari dulu hingga saat ini dengan mengikuti perkembangan zaman, terlebih diera teknologi informasi. Jadi keberadaan Surau menjadi sesuatu yang unik dan penting bagi perkembangan lembaga pendidikan di Minangkabau.  

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Syamsuri, An An Andari, & Nasor, M. (2024). SISTEM PENDIDIKAN SURAU: KARAKTERISTIK, ISI, DAN LITERATUR KEAGAMAAN. TADAYYUN: Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Humaniora, 2(1), 85–102. Retrieved from https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tj/article/view/1631