STRATEGI KOMUNIKASI TENAGA KESEHATAN RUMAH SAKIT BANTUAN(RUMKITBAN) GORONTALO DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT MELAKUKAN VAKSINASI COVID-19
Abstract
Penelitian ini mengungkapkan strategis komunikasi tenaga kesehatanuntuk meningkatkan Minat masyarakat dalam meningkatkan vaksinasi Covid-19 di Rumkitban Gorontalo beserta hambatan Strategi Komunikasi Tenaga kesehatan dalam Minat Masyarakat pada Vaksinasi Covid-19.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data utama penelitian ini. Sedangkan data sekunder digunakan sebagai pendukung data primer. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah dengan cara wawancara dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan cara teknis analisis kualitatif dan studi kepustakaan berupa dokumen-dokeman dan jurisprudensi. Teknik analisis kualitatif adalah pendekatan yang digunakan oleh penulis dengan mendasarkan pada data-data yang dinyatakan oleh responden secara lisan atau tertulis kemudian diteliti dan dipelajari sebagai suatu data yang utuh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Sakit Bantuan Dalam Meningkatakan Minat Masyarakat Melakukan Vaksinasi Covid-19 yang bersifat open (terbuka dengan masyarakat), relaxed (Tenaga Kesehatan bersifat positif terhadap masyarakat), impression leaving (Tenaga Kesehatan membentuk kesan pada kesehatan ), friendly, (Tenaga Kesehatan bersikap ramah tamah dan sopan saat sedang menyampaikan pesan kepada masyarakat). Strategi komunikasi ini menitik beratkan pada aktivitas antara Tenaga Kesehatan dengan masyarakat dengan melakukan pendekatan dengan cara bersilaturahmi
Dari hasil penelitian dilakukan, peneliti berharap agar masyarakat dan pemerintah yang ada di Provinsi Gorontalo Khususnya Kota Gorontalo bisa menerima kehadiran dan mendukung serta bekerja sama dengan Tenaga Kesehatan khususnya dalam meningkatkan minat masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19 yang menyebar di Provinsi Gorontalo.