APLIKASI TIKTOK DAN DAMPAK TERHADAP PERILAKU BERKOMUNIKASISISWA SMP NEGERI 2 PINOGALUMAN
Abstract
Perilaku Komunikasi Siswa SMP Negeri 2 Pinogaluman. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi TikTok bagi siswa SMP Negeri 2 Pinogaluman, untuk mengetahui bagaimana dampak aplikasi TikTok bagi perilaku komunikasi siswa SMP Negeri 2 Pinogaluman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan persuasif dan pendekatan psikologi komunikasi.
Hasil penelitian ini yaitu: siswa SMP Negeri 2 Pinogaluman merupakan pengguna aktif aplikasi TikTok, dan siswa menggunakan aplikasi TikTok sudah sejak lama, bahkan siswa menjadikan aplikasi TikTok sebagai hiburan diri. Dampak aplikasi TikTok terhadap perilaku berkomunikasi siswa lebih banyak kedampak negatifnya dibandingkan dampak positifnya. Adapun dampak positif yang di timbulkan aplikasi TikTok yaitu: bertanggung jawab, berani tampil di depan umum, serta lebih terbuka dengan orang tua. Sedangkan dampak negatif yang di timbulkan oleh aplikasi TikTok yaitu: penggunaan make up berlebihan, penggunaan bahasa atau kata-kata yang tidak pantas, seperti anjay, anjir, bacot, besty, gays di gunakan kepada teman atau orang yang lebih tua, serta terbentuknya kelompok-kelompok yang saling beradu style, timbulnya syndrome Tiktok, dan menghabiskan waktu untuk menggunakan aplikasi Tiktok.
Adapun saran dalam penelitian ini: (1) Untuk sekolah diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan masukan tentang dampak aplikasi TikTok terhadap perilaku berkomunikasi siswa SMP Negeri 2 Pinogaluman. (2) Untuk orang tua, diharapkan hasil penelitian ini agar selalu mengawasi anak dalam menggunakan aplikasi TikTok, untuk mengurangi kemungkinan memberikan dampak negatif bagi anak.