Peningkatan Kemampuan Pemahaman Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kemampuan Tahsin Dalam Metode Ummi Peserta Didik Kelas VIII MTS Ddi Tarakan

Authors

  • Adil Adil MTS DDI Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.58176/edu.v4i2.977

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mempermudah meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dalam pembelajaran tahsin pada siswa kelas VIII-B di MTs DDI Tarakan, Kab. Kota tarakan.  Pertanyaan pertama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah Apakah penerapan Metode Ummi dapat meningkatkan kemampuan Tahsin dalam membaca QS.al-Fatihah pada peserta didik kelas VIII? dan pertanyaan yang kedua apa faktor pendukung dalam penerapan metode Ummi dalam pembelajaran tahsin siswa kelas VIII-B? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak 3 siklus. Tujuan peneitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII-B MTs DDI Tarakan serta untuk faktor pendukung dalam penerapan metode Ummi dalam pembelajaran tahsin. Dari analisis data didapatkan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII-B Tarakan mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya, yaitu kondisi awal kemampuan siswa rata-rata belum memahami sepenuhnya tentang bacaan tajwid dan makharijul huruf, rata-rata kemampuan siswa 58,18. Pada siklus I dapat ditingkatkan rata-rata kemampuan siswa menjadi 65,85; pada Siklus II rata-rata kemampuan siswa 71,97; dan di Siklus III rata-rata kemampuan siswa 80,94. Penerapan metode Ummi mempunyai pengaruh yang baik dalam pembelajaran Tahsin, hal ini dapat dibuktikan bahwa metode Ummi dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Fatihah siswa kelas VIII-B di MTs DDI Tarakan, karena dapat menuntasan persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebanyak 27,27%, pada siklus II sebanyak 45,45% dan pada siklus III sebanyak 81,82%

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Adil, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kemampuan Tahsin Dalam Metode Ummi Peserta Didik Kelas VIII MTS Ddi Tarakan . EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 4(2), 33–42. https://doi.org/10.58176/edu.v4i2.977