Meningkatkan Hasil Belajar Materi Qurban dan Aqiqah Melalui Penerapan Cooperative Learning Pada Peserta Didik Fase E MA Al Urwatul Wutsqaa
DOI:
https://doi.org/10.58176/edu.v4i2.975Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi qurban dan aqiqah dengan metode cooperative learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah Fase E3 MA Al Urwatul Wutsqaa Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian diperoleh metode cooperative learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi qurban dan aqiqah. Sebelum diterapkannya metode cooperative learning secara klasikal hanya 7 siswa (31%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68,77. Setelah diterapkan metode tersebut pada siklus I sebanyak 12 (54%) Siswa yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 76,81 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 20 (90%) siswa tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 87,72. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Baharullah Baharullah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.