Meningkatkan Hasil Belajar Materi Qurban dan Aqiqah Melalui Penerapan Cooperative Learning Pada Peserta Didik Fase E MA Al Urwatul Wutsqaa

Authors

  • Baharullah Baharullah MA Al-Urwatul Wutsqaa

DOI:

https://doi.org/10.58176/edu.v4i2.975

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi qurban dan aqiqah dengan metode cooperative learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah Fase E3 MA Al Urwatul Wutsqaa Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian diperoleh metode cooperative learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi qurban dan aqiqah. Sebelum diterapkannya metode cooperative learning secara klasikal hanya 7 siswa (31%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68,77. Setelah diterapkan metode tersebut pada siklus I sebanyak 12 (54%) Siswa yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 76,81 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 20 (90%) siswa tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 87,72. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-12-02

How to Cite

Baharullah, B. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Qurban dan Aqiqah Melalui Penerapan Cooperative Learning Pada Peserta Didik Fase E MA Al Urwatul Wutsqaa. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 4(2), 13–26. https://doi.org/10.58176/edu.v4i2.975