Menanamkan Sikap Sopan Santun Melalui Pendidikan Karakter Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Mengenai Materi Adab Santun dan Menghargai Teman di Kelas 2 MISJanggala 2 Kecamatan Cidolog

Authors

  • Dewi Anggraeni MIS Janggala 2

DOI:

https://doi.org/10.58176/edu.v4i1.969

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Hidup sopan dan santun bagi mata pelajaran Akidah Akhlak melalui metode Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase A MIS Janggala 2 Tahun Ajaran 2021/2022, yang terdiri dari 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sikap Sopan Santun. Sebelum diterapkannya metode Problem Based Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 8 siswa (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 69.43. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 8 siswa (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 69.43 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 12 siswa (75%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.60. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Anggraeni, D. . (2023). Menanamkan Sikap Sopan Santun Melalui Pendidikan Karakter Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Mengenai Materi Adab Santun dan Menghargai Teman di Kelas 2 MISJanggala 2 Kecamatan Cidolog. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 4(1), 29–44. https://doi.org/10.58176/edu.v4i1.969