Strategi Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini untuk Mengenal Huruf Hijaiyah di RAT Al-Ishlah Kota Gorontalo

Authors

  • Jaria Lamalani PPIT Al-Ishlah

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i02.890

Keywords:

Huruf Hijaiyah, Strategi Pembelajaran

Abstract

Fokus penelitian ini membahas  strategi pembelajaran guru di RAT Al-Ishlah Kota Gorontalo  dalam meningkatkan kemampuan anak usia dini mengenal huruf hijaiyah di RAT Al-Islah Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan ialah  penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistic. Pengumpulan data dilakukan melalui metode  observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan ialah  strategi wafa yang memiliki keterkaitan dengan berbagai strategi pembelajaran dalam mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak usia dini. Adapun beberapa faktor penghambat yang ditemukan dalam penerapan strtegi ini ialah kurangnya pengulangan materi di rumah, ketidak hadiran anak, keterlambatan anak menghadiri akttivitas di kelas, kurangnya volume suara yang bisa terjangkau oleh anak dan keaktifan siswa. Sementara solusi yang ditawarkan ialah kerjasama guru dan  orang tua, kunugan rumah, bimbingan pribadi, volume suara, dan sindiran.

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Lamalani, J. (2022). Strategi Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini untuk Mengenal Huruf Hijaiyah di RAT Al-Ishlah Kota Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(02), 159–168. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i02.890