Penerapan Metode Wafa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini di PPIT Lukmanul Hakim Kecamatan Limboto

Authors

  • Karsum Jailani Huntingi PPIT Lukmanul Hakim

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i02.888

Keywords:

Membaca Al-Quran, Metode Wafa

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan  metode wafa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Kelompok A pada Anak Usia Dini Islam Terpadu Lukmanul Hakim. Adapun jenis penelitian yang digunakan  ialah penelitian tindakan kelas (PTK), dimana penelitian ini merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik atau bersama-sama dengan orang lain (kolaborasi) yang bertujuan untuk meningkatkan atau memperbaiki mutu proses pembelajaran didalam kelas. Sumber data primer yang diperoleh oleh peneliti yakni dari guru kelas dan guru qur’an, sedangkan data sekunder yang diperoleh peneliti berupa absen kelas dan RPPH. Berdasarkan analisis data observasi awal siklus I dan siklus II dalam kegiatan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan Metode Wafa pada Anak Kelompok A di Pusat Paud Anak Usia Dini Islam Terpadu Lukmanul Hakim Kecamatan Limboto menunjukkan 84 % kemampuan anak membaca Al-Quran menggunakan metode wafa.

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Huntingi, K. J. (2022). Penerapan Metode Wafa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini di PPIT Lukmanul Hakim Kecamatan Limboto: . Early Childhood Islamic Education Journal, 3(02), 190–197. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i02.888