Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di TK Negeri Pembina Kabupaten Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i02.887Keywords:
Kebijakan, Sekolah Ramah AnakAbstract
Lembaga pendidikan atau sekolah merupakan tempat yang memiliki kuasa dalam penelenggaraan proses belajar mengajar secara sistematis dan berkesinambungan. Para pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah diharapkan menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang mampu memfasilitasi peserta didik berperilaku terpelajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diantara pelaksanaan kebijakan kepala sekolah dalam mewujudkan Sekolah Ramah anak yaitu, sudah adanya Standar Pelayanan Minimal, adanya tindakan pencegahan tindak kekerasan, adanya penegakan disiplin non diskriminatif, adanya komitmen kawasan bebas rokok, Pengawasan Terhadap Pelaksanaan Kurikulum Mengadakan pelatihan guru Pelatihan-pelatihan yang dilakukan memang tidak secara spesifik membahas tentang ramah anak, akan tetapi muatannya mengarah pada bagaimana menjadi guru yang mampu menciptakan suasana ramah anak. Pemenuhan sarana- prasarana yang ramah anak Melibatkan Orang tua dan masyarakat. Dengan keenam upaya yang dilakukan oleh sekolah ini dapat mewujudkan sekolah ramah anak di TK Negeri Pembina Tetapi memang masih ada beberapa hal yang harus dimaksimalkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Diterbitkan oleh LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo