ImplementasiMetode Tutor Sebaya (Peer Teaching ) Siswa dalam Pembelajaran Al-Qur'an di Sekolah Dasar Anak Sholeh Full Day Sumbermanjing Wetan Malang
DOI:
https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.865Keywords:
Tutor Sebaya, Motivasi Belajar, Pembelajaran Al-QuranAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya semangat belajar Al-Quran siswa sekolah dasar yang mulai banyak terjadi saat ini, padahal pada usia ini mereka memasuki masa peka dalam belajar. Oleh karena itu, diperlukan suatu inovasi dalam metode pengajaran Al-Quran agar mudah dan menyenangkan siswa. Sekolah Dasar Anak Sholeh Full Day merupakan satu-satunya lembaga formal di kecamatan Sumbermanjing Wetan yang menerapkan metode tutor sebaya dalam pembelajaran Al-Quran sebagai bentuk usaha dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Quran pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang metode tutor sebaya, implementasi metode tutor sebaya, kendala dan hambatan implementasi metoder tutor sebaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Quran. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode tutor sebaya dalam pembelajaran Al-Quran di Sekolah Dasar Anak Sholeh Full Day ini berjalan cukup baik terbukti dengan para guru sebagai pengawas atau pengontrol telah menerapkan prosedur memilih tutor, mempersiapkan tutor, mengevaluasi dan melaksanakan tindak lanjut. Peneliti juga menemukan adanya motif semangat berprestasi, berafiliasi, dan memperkuat diri untuk bermanfaat bagi temannya. Kesimpulannya, metode tutor sebaya ini selain mampu meningkatkan motivasi belajar Al-Quran dan menumbuhkan karakter positif siswa juga bermanfaat bagi guru dalam menciptakan suasana pembelajaran Al-Quran yang lebih akrab dan menyenangkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Diterbitkan oleh LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo