Kecanduan Penggunaan Gadget pada Anak Raudhatul Athfal di masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Wiwik Pratiwi IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Amalia Rizki Pautina IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.864

Keywords:

Kecanduan Gadget, Masa Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan sistem pembelajaran di Indonesia berubah menjadi daring khususnya untuk pendidikan di Raudhatul Athfal. Pembelajaran dengan sistem daring membuat anak sering menggunakan gadget, yang dapat menyebabkan anak mengalami kecenderungan kecanduan gadget. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan gadget pada anak RA di Kota Gorontalo pada masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di seluruh RA yang ada di kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik survey. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan secara online pada sampel yang berjumlah 140 orang. Penelitian ini juga menggunakan analisis data kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif melalui presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak RA di Kota Gorontalo menggunakan gadget untuk membuka aplikasi game dan youtube, dengan durasi penggunaan selama 1-2 Jam perhari, selain itu terdapat dampak positif dan negatif dari penggunaan gadget tersebut. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi orang tua dalam memberikan akses penggunaan gadget pada anak.

Downloads

Published

2022-03-25

How to Cite

Pratiwi, W., & Pautina, A. R. (2022). Kecanduan Penggunaan Gadget pada Anak Raudhatul Athfal di masa Pandemi Covid-19. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(01), 34–57. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.864