Penerapan Metode Read Aloud untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak
DOI:
https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.862Keywords:
Bahasa, Anak Usia Dini, Metode Read AloudAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode read aloud untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak kelompok A di TK ABA Imam Syuhodo Polokarto. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, bertempat di TK ABA Imam Syuhodo Polokarto. Subjek penelitian adalah guru kelas A2, sedangkan informan dalam penelitian ini Kepala TK ABA Imam Syuhodo Polokarto dan Guru kelas A2 TK ABA Imam Syuhodo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak kelompok A di TK ABA Imam Syuhodo pada kemampuan berbicara anak dilakukan melalui tahapan yaitu dari persiapan pelaksanaan penerapan metode read aloud, memilih buku sesuai dengan tingkat perkembangan anak, memperkenalkan buku dengan menggunakan ilustrasi buku, membacakan buku dengan menyisipkan kosa kata baru, guru menceritakan dengan menggunakan intonasi yang jelas, melakukan diskusi dengan anak sesudah membacakan buku, memberikan kesimpulan cerita yang dibacakan dan guru memberikan penilaian pemahaman anak. Setelah tahap pelaksanaan selesai, guru melakukan evaluasi dengan menggunakan catatan ceklis. Kemampuan berbicara anak di TK ABA Imam Syuhodo dengan menerapkan metode read aloud ini berkembang baik sesuai dengan tingkat bicara anak dan di TK ABA Imam Syuhodo Polokarto terjadi modifikasi atau kebaharuan dalam penerapan pelaksanaan metode read aloud yaitu yang membaca keras bukan anak tapi guru, setiap ada kata atau ungkapan baru guru berhenti dan mengulagnya dengan dikuti anak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Diterbitkan oleh LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo