Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Penerapan Media Salt Painting pada Anak Kelompok B di TK Kartika XXI-17 Kota Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.58176/eciejournal.v4i01.844Keywords:
Kemampuan Mengenal Huruf, Media Salt Painting dan Anak Kelompok BAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengenal huruf melalui penerapan media salt painting di TK Kartika XXI-17 Kota Gorontalo dan untuk mengetahui bagaimana tahapan media salt painting di TK Kartika XXI-17 Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada anak kelompok B di TK Kartika XXI-17 Kota Gorontalo. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah anak kelompok A dengan jumlah 24 siswa hasil penelitian ini menjelaskan pada Pra Siklus, memperoleh jumlah presentase 58,33%, mulai meningkat pada siklus I yaitu 69,71%, setelah dilakukan refleksi dilanjutkan pada siklus II dengan presentase 85,98%, maka dengan ini kemampuan mengenal huruf dapat meningkat melalui penerapan media salt painting pada anak kelompok B di TK Kartika XXI-17 Kota Gorontalo. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf pada anak dapat ditingkatkan menggunakan media salt painting dalam proses pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Diterbitkan oleh LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo