Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosa Kata Bahasa Arab Anggota Tubuh melalui Metode Bernyanyi Lagu Gubahan di Kelompok A1 di PPIT Lukmanul Hakim Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.842Keywords:
Kosa Kata Bahasa Arab, Anggota Tubuh, Metode BernyayiAbstract
PPIT Lukmanul Hakim merupakan salah satu PAUD berbasis ke Islaman. Aktivitas pembelajarannya mencakup hafalan Al-Quran, dengan demikian peserta didik perlu memahami kajian dalam surat-surat Al-Quran yang dihafal. Namun observasi awal menunjukkan rendahnya pengenalan kosa kata arab yaitu 52,17% terutama pada pengenalan kosa kata anggota tubuh. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal kosa kata bahasa Arab anggota tubuh, dengan menggunakan metode bernyanyi lagu gubahan pada anak usia dini kelompok A1 di sekolah PPAUD IT Lukmanul Hakim Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada anak kelompok A1 berusia 4 sampai 5 tahun di sekolah PPAUD IT Lukmanul Hakim Gorontalo yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 13 perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mix method yaitu dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini terjadi peningkatan kemampuan mengenal kosa kata bahasa Arab anggota tubuh yaitu dari jumlah presentase obsevasi awal 52,17%, meningkat pada pelaksanaan siklus I menjadi 65%. Setelah dilakukan refleksi, dilanjutkan pada siklus II dengan presentase 90,86%. Maka dengan ini kemampuan mengenal kosa kata bahasa Arab anggota tubuh dapat meningkat dan dikatakan mampu melalui metode bernyanyi lagu gubahan di kelompok A1 PPAUD IT Lukmanul Hakim Gorontalo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Diterbitkan oleh LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo