Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Penggunaan APE dalam di Kelompok B TK Asri Al-Maghfirah

Authors

  • Laranti Leingo IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v4i01.841

Keywords:

Kemampuan Motorik Halus, APE Dalam

Abstract

Data kemampuan motorik halus yang ditemukan pada anak didik kelompok B TK Asri Al-Maghfirah yaitu berkisar 56,88% saja. Angka ini menunjukkan kemampuan rata-rata motorik halus di bawah rata-rata, dengan mengidentifikasi masalah kemampuan motorik halus anak khususnya pada koordinasi jari lengan dan mata, diantaranya: 1) kurangnya alat permainan APE dalam yang dapat membantu kemampuan motorik halus anak. 2) kurang optimalnya kegiatan yang dapat meningkatkan  kemampuan motorik halus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan model penelitian tindakan kelas Kemmis Mc Tagart. Subjek dari penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Asri Al-Maghfirah yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Alat  permainan edukatif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu set main memasak, set main menjahit, dan alat main meronce.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motorik halus dari jumlah presentase observasi awal 56,88%, meningkat menjadi 74,17% pada pelaksanaan siklus 1, namun setelah dilakukan refleksi dan dilanjutkan pada siklus ke II kemampuan motoric halus anak meningkat dengan presentase 91,67%. Set main memasak, meronce dan menjahit merupakan alat permainan edukatif yang disediakan dengan memperhatikan indikator kemampuan motorik halus.

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Leingo, L. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Penggunaan APE dalam di Kelompok B TK Asri Al-Maghfirah. Early Childhood Islamic Education Journal, 4(01), 47–54. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v4i01.841