Mengenalkan Makanan Bergizi pada Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Audio Visual

Authors

  • Anita Lasulika TK Dahlia Pinogu
  • Munirah IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Indriani

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i02.829

Keywords:

Makanan Bergizi, Media Audio Visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman tentang makanan bergizi pada anak usia dini di TK Dahlia Desa Pinogu Kecamatan Pinogu Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo,. Jumlah subjek penelitian ialah 25 orang anak yang terdiri dari 11 orang anak laki-laki dan 14 orang anak perempuan. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengenal jenis-jenis makanan bergizi, mengelompokkan jenis-jenis makanan bergizi, serta mengetahui manfaat dari makanan bergizi. Prosedur penelitian terdiri dari persiapan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan analisis dan refleksi. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali tindakan. Hasil observasi pra siklus mencapai ketuntasan 30%, siklus I tingkat ketuntasan belajar sebesar 44%, dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni sebesar 82%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual dapat meningkatakan pemahaman anak tentang makanan bergizi, serta dapat meningkatkan semangat anak dalam proses pembelajaran di kelompok B di Taman Kanak-Kanak Dahlia

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Lasulika, A., Munirah, & Indriani. (2022). Mengenalkan Makanan Bergizi pada Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Audio Visual. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(02), 132–139. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i02.829