Peran Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.58176/eciejournal.v2i02.548Keywords:
Peran Guru, KemandirianAbstract
Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kemandirian anak di TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian adalah kepala TK, 4 guru, dan 1 orangtua anak didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Gambaran kemandirian anak usia dini di TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo adalah tanggung jawab (membereskan mainan sendiri, merapikan bukunya sendiri, membuang sampah pada temptanya sendiri dan mampu mengambil keputusan sendiri) dan mandiri (cuci tangan sendiri, makan sendiri, menyimpan peralatan tulis menulis sendiri, dan mandi sendiri); 2)Peran guru dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini di TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo yaitu memberikan pembiasaan, pengutan mental, bimbingan, dan pemberian contoh; 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini di TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo yaitu faktor pendukung yaitu dukungan dari orangtua, faktor penghambat yaitu faktor internal dan faktor eksternal (lingkungan sekitar dan kurangnya pembiasaan dari orangtua).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Diterbitkan oleh LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo